THE TRUE POWER OF BRAND!

Studio Design AnrepID
ilustrasi | Studio Design AnrepID

Nilai sebuah brand (merek) menjadi sangat penting untuk kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. Dimana pengaruhnya bisa memberikan dampak yang cukup besar. Merek yang dimaksud bukan hanya sebatas pada produk yang dihasilkan, namun lebih pada jati diri perusahaan itu sendiri dalam menjalankan bisnisnya. Baik dari segi pelayanan terhadap konsumen hingga inovasi-inovasi apa saja yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan mengikuti perkembangan zaman untuk kelangsungan bisnis. 

Beberapa waktu lalu, WPP dan Millward Brown kembali merilis BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2016. Dalam penilaian serta survei yang dilakukan WPP dan Millward Brown, diteliti secara seksama sejauh mana tingkat kekuatan merek sebuah perusahaan dalam meraih pangsa pasar dalam satu tahun berjalan.

Hal ini juga bisa dilihat dari konsistensi perusahaan pada kinerja keuangan mereka yang bisa memberikan dampak dan kepuasan secara maksimal bagi para pemegang saham atau mitra bisnis mereka. Serta dilihat juga seberapa kuat merek tersebut dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Juga sejauh mana sebuah perusahaan melalui merek yang dimilikinya melakukan inovasi produk atau layanan mereka yang bisa memberikan kepuasan pada konsumen.

Selain menilai secara global, WPP dan Millward Brown juga membaginya dalam beberapa kategori dan wilayah. Mulai dari perbankan, ritel, teknologi, ritel hingga makanan. Dari segi wilayah, dibagi mulai dari tingkat benua hingga masing-masing negara. Pada dasarnya, yang dilakukan WPP dan Millward Brown ini secara tidak langsung sangat bermanfaat bagi sebuah perusahaan. Dimana dengan penilaian ini, sebuah perusahaan bisa melihat sejauh mana kekuatan merek dan kinerja mereka selama setahun belakangan ini. Serta langkah apa yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempertahankan posisi mereka atau untuk meningkatkan nilai kepuasan konsumen.

 Dalam rilis yang dipublikasikannya, WPP dan Millward Brown mengumumkan BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2016. Dimana Google berhasil menempati peringkat pertama sebagai merek yang paling bernilai. Google berhasil menggeser Apple yang pada tahun sebelumnya menempati posisi tersebut. Inovasi terus-menerus yang dilakukan Google dinilai telah meningkatkan brand value dimata konsumen. Secara tidak langsung, peningkatan brand value tersebut berdampak besar pada pertumbuhan jumlah pendapatan Perusahaan. Baik dari sisi bertambahnya jumlah pengguna hingga peningkatan pendapatan dari sisi iklan.

Strategi dan langkah yang telah dilakukan Google dalam melakukan inovasi, dinilai telah berhasil meningkatkan kinerja Perusahaan. Dimana iklim positif yang tengah dialami Google saat ini mampu meningkatkan brand value dari Google sebesar 32% atau menjadi $229bn. Sedangkan Apple yang tahun lalu berada pada peringkat pertama, turun satu peringkat ke nomor 2 setelah mengalami penurunan brand value sebesar -8% atau $228bn.

Meski hanya turun satu peringkat, Apple terlihat sedikit agak lambat dalam melakukan inovasi. Sepeninggal Steve Jobs, Apple terlihat nyaris tidak membuat kategori produk baru, melainkan hanya melanjutkan apa yang sudah diwariskan Steve Jobs. Namun meski inovasinya tergolong lambat, Apple masih memiliki pelanggan setia yang bisa mempertahankan posisinya ditengah persaingan pasar.

Sementara itu, kejutan besar terjadi dalam jajaran 10 besar BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands kali ini. Dimana untuk pertama kalinya, Facebook dan Amazon berhasil masuk dalam jajaran 10 besar merek paling bernilai. Facebook tercacat mengalami pertumbuhan sebesar 44%, dan berhasil berada diperingkat ke-5. Sedangkan Amazon tumbuh sebesar 59% dan berada diposisi ke-7. Keduanya dinilai sukses dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam setahun belakangan ini.

WPP dan Millward Brown melihat, meski diterpa dengan tekanan ekonomi global yang masih belum menentu dan dampak dari perlambatan ekonomi di China, namun beberapa merek berhasil melewati hal tersebut bahkan mampu meningkatkan kinerja mereka. Salah satu kunci kesuksesan mereka adalah kemampuan mereka dalam mengatur strategi dan melakukan inovasi merek yang mampu memberikan kepuasan pada konsumen.(DD)