Telco Agresif Tebar Pesona Rebut Pasar

Ilustrasi
Ilustrasi | Candra/Annualreport.id

Selain industri perbankan, industri telekomunikasi seperti PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) juga tak mau ketinggalan untuk menangkap peluang dari pertumbuhan bisnis e-commerce. Telkom melalui anak usahanya, PT Media Nusantara (Telkom Metra), bekerja sama dengan e-commerce terbesar di dunia untuk menggarap bisnis online lokal.

Telkom Metra menunjuk Ebay sebagai mitra kerjasama dalam mengembangkan portal ‘blanja.com’. Pemilihan Ebay didasarkan oleh besarnya kiprah Ebay dalam perdagangan online terbesar di dunia. “Kita kerja sama untuk develop belanja.com, kita kembangkan e-commerce sebagai portfolionya Telkom. eBay proven di India, Amerika, dan banyak negara lainnya,” jelas Presiden Direktur Telkom Metra Teguh Wahyono, beberapa waktu lalu.

Kerjasama antara Telkom Metra dan Ebay ini menelan dana hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS). Dengan adanya kerja sama ini diharapkan portal belanja.com dapat bersaing dengan portal belanja lainnya di dunia. Telkom Metra serius dalam mengembangkan portal belanja lokal sehingga dapat berkembang seperti Ebay. “Peran e-commerce belanja.com diliatnya untuk sinergi,” kata Teguh.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyuntik dana ke anak usaha bidang e-commerce, yakni Elevenia. Perusahaan ini adalah joint venture antara XL dan SK Planet Co Ltd, provider telekomunikasi asal Korea Selatan. “Kami menambah modal Elevenia di awal Maret lalu. Nilai investasinya US$ 30 juta hanya untuk tahun ini,” ujar Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, beberapa waktu lalu.

Elevenia menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan bisnis, di tengah persaingan e-commerce yang semakin ketat. Elevenia berdiri pada tahun 2013 dengan modal awal US$37,2 juta yang disuntik XL Axiata dan SK Planet. Dijelaskan, bahwa pada 2014, transaksi Elevenia sudah mencapai Rp 250 miliar dan tahun lalu nilainya melonjak 420 persen menjadi Rp1,3 triliun. Tahun ini, Elevenia menargetkan total transaksi Rp3,5 triliun. “Ke depan, kami ingin mengembangkan Elevenia, karena Alibaba baru masuk (ke Indonesia),” tutur Dian.

Disamping itu, pihak XL Axiata juga memastikan kembali menyuntikkan dana segar lagi kepada Elevenia, tapi tidak tahun ini. Yang jelas, XL Axiata siap menambah investasinya ke bisnis e-commerce dalam beberapa tahun mendatang. (DD)