Visualisasi Transformasi dan Keramahan Jasa Raharja

Sampul Laporan Tahunan Jasa Raharja 2015
Sampul Laporan Tahunan Jasa Raharja 2015 | annualreport.id

Dari waktu ke waktu, pelanggan semakin demanding dan menuntut layanan yang lebih baik. PT Jasa Raharja (Persero) sangat menyadari hal tersebut. Karena itu, salah satu fokus Jasa Raharja pada tahun 2015 adalah melanjutkan proses transformasi, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan agar dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan.

Salah satu hal yang dilakukan Jasa Raharja adalah meningkatkan layanan sesuai dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang telah dicanangkan, yaitu Excellence PRIME Performance.

Selain memiliki arti sebagai sesuatu yang utama, PRIME sendiri juga merupakan akronim dari budaya kerja yang diterapkan di Jasa Raharja yaitu, Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah, dan Empati.

Melalui budaya Perusahaan PRIME ini, Jasa Raharja berusaha memberdayakan kekuatan perusahaanya secara nyata, meningkatkan sense of belonging SDM terhadap Perusahaan, perbaikan IT dan manajerial yang lebih baik menuju keunggulan yang dicita-citakan. Transformasi pelayanan juga ditujukan untuk meningkatkan daya saing Jasa Raharja di tengah persaingan yang kian ketat, agar Jasa Raharja dapat meraih keunggulan yang berkelanjutan.

Semua itu dijabarkan Jasa Raharja dalam pada Laporan Tahunan 2015, yang mengusung tema Services Transformation for Sustainable Excellence atau Transformasi Pelayanan Menuju Keunggulan Berkelanjutan dengan berpedoman pada budaya kerja Perusahaan.

Laporan Tahunan Jasa Raharja kali ini terdiri dari 526 halaman (termasuk halaman laporan KAP), disajikan cukup rapi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dilengkapi bahasa Inggris. Jasa Raharja pun menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan Perusahaan dan pencapaian yang telah dihasilkan selama tahun berjalan.

Sementara itu, visualisasi desain yang disajikan dalam laporan tahunan kali ini banyak menggunakan ilustrasi yang menggambarkan transformasi layanan yang dilakukan Perusahaan. Warna biru pastel terlihat cukup dominan, sehingga terlihat lebih, ramah di pandang mata.

Sedangkan gambar yang ditampilkan, memperlihatkan kesan penuh semangat, keramahan dan keterbukaan. Angka-angka yang memperlihatkan kinerja Perseroan diterjemahkan ke dalam gambar grafik serta tabel yang mudah dipahami.

Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2015, Jasa Raharja secara komperehensif mampu menampilkan informasi yang diwajibkan dalam kriteria Annual Report Award, seperti informasi hasil usaha perusahaan berupa penjualan atau pendapatan usaha, laba (rugi) bersih, laba (rugi) usaha, juga informasi mengenai rasio keuangan Perusahaan dan semua hal yang berkaitan dengan aktifitas keuangan Perusahaan.

Dikarenakan hingga 31 Desember 2015, saham PT Jasa Raharja (Persero) sepenuhnya dikuasasi oleh Pemerintah Republik Indonesia dan tidak diperdagangkan di bursa mana pun, maka dalam Buku Laporan Tahunan ini tidak terdapat informasi baik mengenai jumlah saham yang beredar, maupun tentang kapitalisasi pasar, harga saham tertinggi, terendah, serta volume perdagangan.

Begitu juga dengan informasi mengenai jumlah obligasi atau sukuk atau pun obligasi konversi yang beredar (outstanding), tingkat bunga imbalan, tanggal jatuh tempo dan peringkat obligasi atau sukuk. Informasi ini memang tidak ditampilkan, karena hingga 31 Desember 2015, PT Jasa Raharja (Persero) tidak menerbitkan obligasi atau sukuk atau pun obligasi konversi.

Alasan mengenai kedua hal tersebut, dijelaskan dalam Laporan Tahunan PT Jasa Raharja (Persero), bahwa hal tersebut dilakukan guna tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Hal penting lainnya yang tercantum secara komperehensif adalah mengenai pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan atau good corporate governance (GCG). Dijelaskan, bahwa Jasa Raharja mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Jasa Raharja secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial Perusahaan. Di mana ulasan tersebut menjelaskan berbagai program atau segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau konsumen.

Dapat disimpulkan bahwa Jasa Raharja telah menyajikan laporan tahunannya secara terbuka dan komperehensif serta berupaya maksimal memenuhi kriteria ARA 2015. Hampir tiap poin kriteria ARA dipenuhi dengan menyajikan informasi yang lengkap dan detil serta dengan alasan yang jelas dan logis.  (DD)