Sinergi Bisnis dan Melayani Jiwasraya

ilustrasi
ilustrasi | Dok. Laporan Tahunan 2016 Jiwasraya

Eksistensi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tidak hanya diukur oleh seberapa besar keuntungan yang diperoleh, tapi juga sejauh mana Jiwasraya mampu menjadi solusi kehidupan masyarakat.

Pada 2016, Perseroan melakukan upaya restrukturisasi secara luas mencakup manajemen, struktur organisasi, portofolio bisnis dan jaringan pelayanan untuk memperkokoh landasan usaha. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meraih peluang pertumbuhan yang luar biasa di sektor industri asuransi di Indonesia yang terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

ilustrasi

Dalam menghadapai segala tantangan ekonomi makro dan juga kondisi persaingan yang semakin membaik di 2016, Perseroan telah menerapkan beberapa langkah strategis dan taktis sebagai respon terhadap perubahan dinamika pasar yang terjadi. Langkah yang dilakukan adalah dengan menerapkan beberapa perubahan mendasar dari sisi organisasi pada beberapa area, struktur remunerasi, penerapan tarif premi dan juga perbaikan proses bisnis.

Keberhasilan Perseroan dalam melanjutkan tradisi pertumbuhan bisnis di 2016, ditandai dengan raihan jumlah asetnya yang naik 51,01%, atau menjadi sebesar Rp38,62 triliun dibandingkan tahun 2015 yang sebesar Rp25,57 triliun. Perseroan juga berhasil berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,72 triliun tumbuh sebesar Rp656,53 miliar atau 61,57% dibanding tahun 2015. Laba usaha yang dibukukan Perseroan tahun 2016 tersebut berada di atas target RKAP yang ditetapkan sebesar Rp 764,5 miliar atau dengan pencapaian RKAP sebesar 224,72%.

ilustrasi

Selain optimalisasi dari segi bisnis, Jiwasraya juga terus berkomitmen untuk menjadi perusahaan asuransi nasional bertaraf internasional yang terpercaya dan terdepan dalam inovasi produk dan layanan. Langkah peningkatan layanan dirintis melalui berbagai inisiatif seperti peningkatan pelayanan melalui peningkatan kinerja dan layanan jaringan komunikasi (Wide Area Network).

Jiwasraya juga membangun suatu sistem untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, serta memberikan berbagai pilihan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan pembayaran premi serta membangun sistem untuk menunjang pelaksanaan customer relationship management (CRM).

ilustrasi

Semua pencapaian dan strategi bisnis tersebut di sampaikan Jiwasraya dalam Laporan Tahunan 2016 PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kali ini, tema yang di usung Jiwasraya adalah, “Memperkuat dalam Melayani Negeri: Memposisikan untuk Pertumbuhan Masa Depan”. Melalui tema tersebut, Jiwasraya seolah ingin menegaskan bagaimana Perseroan lebih mengedepankan pelayanan untuk keberlanjutan usaha.

Untuk Laporan Tahunan Jiwasraya yang terdiri dari 529 halaman tersaji cukup rapi dengan tampilan cover yang seolah menggambarkan antara sinergi bisnis dan pelayanan Perseroan. Selain itu, visualisasi desain yang disajikan dalam laporan tahunan kali ini juga cukup menarik dengan sinergi antara flat design dan foto/gambar.

ilustrasi

Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2016, Jiwasraya secara komperehensif mampu menampilkan informasi hasil usaha Perseroan berupa underwriting yield, laba usaha, juga informasi mengenai posisi keuangan Perseroan yang mencakup jumlah asset, total liabilitas dan ekuitas Perseroan serta investasi dalam lima tahun terakhir (2012-2016).

Hal penting lainnya yang tercantum dalam Laporan Tahunan 2016 PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yakni ulasan perihal praktik tata kelola Perseroan melalui prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG).

Jiwasraya berkomitmen untuk menerapkan prinsip dasar GCG pada setiap aspek bisnis dan di semua jajaran. Prinsip dasar tata kelola Jiwasraya yaitu keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), tanggung jawab (responsibility), kemandirian (independency) serta kewajaran dan kesetaraan (fairness).

ilustrasi

Sementara itu, Jiwasraya juga menjelaskan perihal pelaksanaan program yang terkait dengan tanggungjawab sosial Perseroan. Ulasan tersebut menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau nasabah.

Adapun pelaksanaan kegiatan dan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Jiwasraya dilakukan melalui kegiatan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Bidang yang menjadi fokus dalam kegiatan PKBL ini adalah pendidikan, kesehatan, kemitraan dan lingkungan bagi masyarakat.

Laporan Tahunan Jiwasraya 2016 ini seolah ingin mengatakan, Jiwasraya tetap konsisten dengan meningkatkan pelayanan untuk nasabah dan kepentingan orang banyak, di tengah melakukan strategi bisnis untuk terus tumbuh berkelanjutan dalam menyongsong masa depan.(DD)