Optimalisasi Kinerja Bank Sinarmas untuk Menghasilkan Layanan Unggul

ilustrasi
Laporan Tahunan Bank Sinarmas 2016 | Dok. Bank Sinarmas

Selama tahun 2016, PT Bank Sinarmas Tbk mampu membukukan kinerja yang cukup membanggakan. Meski kondisi perekonomian tahun 2016 yang cukup dinamis, Perseroan telah mengambil sejumlah kebijakan strategis dalam rangka meningkatkan kinerja Bank.

Kebijakan-kebijakan strategis tersebut mencakup penyelenggaraan layanan Laku Pandai, meningkatkan peran teknologi informasi, meluncurkan produk dan layanan baru, dan meningkatkan peran Unit Usaha Syariah. Kebijakan-kebijakan strategis yang diambil tersebut sejalan dengan rencana jangka menengah dan panjang pengembangan Bank Sinarmas.

ilustrasi

Dengan menerapkan kebijakan strategis tersebut, Bank Sinarmas berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang sangat baik sebesar Rp371 miliar di tahun 2016, bertumbuh 100,19%, dibandingkan laba bersih tahun 2015 sebesar Rp185 miliar.

Dari aspek operasional, Bank Sinarmas juga berhasil mencatat kinerja yang positif ditinjau dari pertumbuhan portofolio usaha dan produktivitas Sumber Daya Manusia. Selain itu, Bank Sinarmas juga mencatat telah meraih 20 penghargaan yang diberikan oleh lembaga independen sepanjang tahun 2016.

ilustrasi

Semua pencapaian tersebut tersaji secara rinci dalam Laporan Tahunan Bank Sinarmas 2016. Kali ini, Bank Sinarmas mengambil tema “Optimalisasi Sumber Daya Manusia dan Teknologi untuk Layanan Unggul”. Tema tersebut sepertinya dipilih berdasarkan analisis dan kajian yang mendalam berdasarkan fakta dan perkembangan bisnis perbankan sepanjang 2016 serta masa depan keberlanjutan bisnis Bank Sinarmas.

Laporan Tahunan Bank Sinarmas 2016 yang terdiri atas 678 halaman ini, disajikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca dan dicetak dengan kualitas yang baik. Laporan Tahunan ini juga dapat dilihat dan diunduh di website resmi Bank Sinarmas yaitu www.banksinarmas.com.

Jika mengintip kinerja keungan Perseroan di tahun 2016, dijelaskan secara detail dan transparan kinerja keuangan Perseroan dan pencapaian yang telah dihasilkan dalam lima tahun terakhir (2012-2016), lengkap dengan grafik serta tabel yang dibalut dengan warna merah dan krem, yang merupakan warna logo Perseroan.

ilustrasi

Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2016, Bank Sinarmas secara komperehensif mampu menampilkan informasi hasil usaha Perseroan berupa laba bersih, laba usaha, total laba komprehensif dan juga informasi mengenai posisi keuangan Perseroan yang mencakup jumlah asset, total liabilitas dan ekuitas.

ilustrasi

Dalam laporan tahunanya, Bank Sinarmas juga menjelaskan perihal Tata Kelola Perusahaan yang diterapkan dengan menegakkan nilai-nilai good corporate governance (GCG). Dimana kemajuan penerapan prinsip GCG di Bank Sinarmas juga terlihat dari hasil self assessment GCG, dimana pada tahun 2016 Bank Sinarmas memperoleh peringkat “2” yang mencerminkan Manajemen Bank telah melakukan penerapan Good Corporate Governance yang secara umum baik.

Sementara itu, Bank Sinarmas secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Bank Sinarmas menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau nasabah.

ilustrasi

Pencapaian yang berhasil diraih Perseroan seolah digambarkan dari tampilan cover laporan tahunan kali ini. Dimana tergambar sebuah proses pembuatan barang dari tanah liat secara bersama. Seolah menggambarkan proses berdirinya Bank Sinarmas hingga menghasilkan nilai dan manfaat bagi orang banyak.(DD)