Di tengah kondisi ekonomi makro yang terus menantang dan pertumbuhan e-commerce yang semakin subur dalam beberapa tahun belakangan ini, PT Matahari Department Store Tbk (Matahari), berhasil untuk terus tumbuh secara berkelanjutan dan menguntungkan. Ketangguhan bisnis usaha Matahari di masa menantang khususnya di tahun 2015 lalu, didukung oleh hubungan yang erat dengan pelanggan.
Dengan menjaga hubungan erat terhadap pelanggan, Matahari dapat mengidentifikasi dan meraih peluang pertumbuhan di dalam pasar. Rekam jejak Matahari yang tak tertandingi dalam menyediakan produk modis dan berkualitas dengan harga terjangkau untuk konsumen modern Indonesia telah memposisikan Matahari sebagai department store pilihan Indonesia.
Dilatarbelakangi konsumsi domestik yang lemah dan pertumbuhan ekonomi yang melambat sejak 2009 di Indonesia, Matahari berhasil mencatatkan rekor pertumbuhan pendapatan di tahun 2015. Eksekusi yang kuat, serta ketangguhan target pasar Matahari yakni konsumen kelas ekonomi menengah, berhasil membawa Perseroan dalam kinerja positif yang mengungguli pasar industri keseluruhan, dengan memberikan pertumbuhan laba sebesar 25.5%, dan Same-Store Sales Growth sebesar 6,8%.
Matahari pun mampu membuka 11 gerai baru di tengah kondisi operasional yang kurang kondusif. Ini menunjukkan kekuatan dan kedalaman permintaan pasar di segmen target pasar Perseroan. Pembukaan gerai baru dan peningkatan produktivitas menghasilkan total penjualan sebesar Rp16.020 miliar di 2015, meningkat 10,8% dari Rp14.460 miliar di tahun 2014.
Di 2016, Matahari melakukan strategi untuk mengantisipasi segala kemungkinan kondisi yang cukup menantang. Demografi Indonesia menempatkan Matahari di posisi yang sangat baik untuk pertumbuhan di sektor ritel, khususnya di segmen pendapatan ekonomi menengah. Meningkatnya pendapatan dan jumlah masyarakat kelas ekonomi bawah yang menjadi kelas menengah menciptakan basis konsumen yang terus bertumbuh bagi pelaku usaha seperti Matahari.
Pertumbuhan dan ketahanan Matahari di tengah kondisi ekonomi yang menantang pada 2015 lalu, tersaji dengan rapi dalam Laporan Tahunan 2015 PT Matahari Department Store Tbk. Dalam laporan tahunan kali ini, Matahari mengusung tema “Growth & Resiliency” atau “Pertumbuhan dan Ketahanan”. Hal tersebut sejalan dengan implementasi strategi bisnis Perseroan dalam menghadapi kondisi ekonomi makro yang terus menantang, terutama di tengah industri e-commerce yang terus tumbuh.
Jika dilihat dari segi visualisasi desain yang disajikan dalam Laporan Tahunan kali ini terkesan ingin memperlihatkan betapa Matahari tetap akan konsisten dan bersinar dengan produk-produk fashion dan aksesoris. Sementara dari komposisi warna, Matahari banyak menggunakan warna kuning emas dan grey. Tak lupa, di setiap tampilan grafik, disisipkan gambar model yang sejajar dengan grafik untuk mempercantik tampilan.
Untuk Laporan Tahunan 2015 PT Matahari Department Store Tbk yang terdiri dari 227 halaman tersaji cukup rapi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Matahari pun menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan Perusahaan dan pencapaian yang telah dihasilkan dari 2013-2015, lengkap dengan grafik serta tabel yang tidak terlalu rumit.
Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2015, Matahari secara komperehensif mampu menampilkan informasi hasil usaha Perusahaan berupa laba bersih, laba kotor, laba usaha, total laba komprehensif dan juga informasi mengenai posisi keuangan Perusahaan yang mencakup jumlah asset, total liabilitas dan ekuitas Perusahaan.
Hal penting lainnya yang tercantum dalam Laporan Tahunan Matahari 2015 secara komperehensif juga memuat ulasan perihal Tata Kelola Perusahaan dengan menerapkan dan menegakan nilai-nilai good corporate governance (GCG).
Sementara itu, Matahari secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial Perusahaan. Dimana ulasan tersebut menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau konsumen. Bahkan, Matahari mengajak para pelanggan untuk menyisihkan uang kembalian mereka guna mendonasikannya untuk kegiatan sosial.
Laporan Tahunan 2015 PT Matahari Department Store Tbk memperlihatkan bagaimana proses bisnis Perseroan yang terus tumbuh dan bertahan dalam menghadapi kondisi ekonomi yang terus menantang.(DD)