Melaju di Lintasan Baru, itu lah tema yang dihadirkan pada Laporan Tahunan 2015 PT Phapros Tbk. Dalam menghadapi persaingan bisnis sepanjang 2015 lalu, Phapros menyadari tidak ubahnya seperti lomba lari lintas-alam. Karena lintasan yang harus dilalui bukan saja tak terduga tetapi juga dapat berubah cepat tergantung cuaca bisnis. Phapros menilai, hanya mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan cepat lanskap bisnislah yang akan mampu bertahan.
Di 2015, Phapros membuktikan keberhasilannya dalam menyesuaikan diri dengan lintasan bisnis baru tersebut. Seperti sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memprioritaskan penggunaan obat generik (OGB). Pada 2015, di tengah persaingan yang semakin ketat, perusahaan farmasi ini berhasil meningkatkan Laba Komprehensif 41,8 persen dari Penjualan Bersih yang hanya bertumbuh 19,6 persen.
Sebagai catatan, di tahun 2015 rerata pertumbuhan penjualan industri farmasi nasional hanya 4,7 persen. Pencapaian itu membuat Phapros mampu meningkatkan skor kesehatannya dari 82.5 menjadi 92.5, angka tersebut membuat Phapros berhasil mempertahankan peringkat kesehatan Perusahaan yang baik, dengan nilai AA. Semua pencapaian yang berhasil diraih Phapros tersebut, seolah memuluskan rencananya untuk melakukan initial public offering (IPO) di 2018 nanti.
Dengan kemampuan adaptasi yang teruji dan basis pertumbuhan jangka panjang yang demikian kuat, dapat diharapkan Perseroan akan melaju semakin kencang di era “Jaminan Kesehatan Semesta” pasca 2019 nanti.
Semua keberhasilan yang diraih Phapros sepanjang 2015 tersebut, disajikan secara apik dan transparan dalam Laporan Tahunan Phapros 2015. Sekilas jika dilihat dari desain covernya, seolah Phapros ingin memperlihatkan keseriusan dan ketangguhan Perseroan dalam menghadapi persaingan bisnis. Dimana terdapat foto/gambar jajaran Direksi Phapros di atas sebuah mobil petualang yang melaju kencang di tengah rintangan.
Terjunnya jajaran Direksi seolah ingin memecut semangat karyawan untuk terus melaju menghadapi segala bentuk persaingan bisnis yang dihadapi. Tak hanya disitu, semangat Perseroan dalam menghadapi bisnis yang tak dapat diduga juga terlihat dari foto/gambar yang di tampilkan pada bagian dalam laporan tahunan kali ini.
Jika dilihat dari segi visualisasi, untuk laporan tahunan setebal 280 halaman ini, terlihat tidak terlalu membosankan dengan penggunaan white space. Tak lupa juga, disajikan penjelasan dalam bentuk tabel dan grafik untuk memudahkan pembaca guna mempelajari strategi dan perjalanan bisnis Perseroan sepanjang tahun 2015.
Untuk laporan tahunan yang tersaji cukup rapi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ini, Phapros seolah ingin menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan mereka dan pencapaian yang telah dihasilkan Perusahaan.
Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2015, Phapros secara komperehensif mampu menampilkan informasi yang dibutuhkan, seperti informasi hasil usaha perusahaan berupa penjualan atau pendapatan usaha, laba kotor, laba usaha, total laba komprehensif, dan juga informasi mengenai posisi keuangan Perusahaan yang mencakup jumlah aset, total liabilitas, dan ekuitas Perusahaan.
Hal penting lainnya yang tercantum dalam Laporan Tahunan Phapros 2015 secara komperehensif memuat ulasan perihal Tata Kelola Perusahaan dengan menerapkan dan menegakkan nilai-nilai good corporate governance (GCG) yang mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dimasa yang akan datang.
Sementara itu, Phapros secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial Perusahaan. Dimana ulasan tersebut menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau konsumen
Dapat disimpulkan bahwa Phapros telah menyajikan laporan tahunannya secara komperehensif dan transparan. Serta berupaya secara maksimal untuk menyajikan segala informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan detil. (DD)