Keseimbangan Plaza Indonesia dalam Memanfaatkan Kekuatan

Laporan Tahunan 2016 PT Plaza Indonesia Realty Tbk
Laporan Tahunan 2016 PT Plaza Indonesia Realty Tbk | Dok. PT Plaza Indonesia Realty Tbk

Di tengah tantangan di sepanjang 2016, PT Plaza Indonesia Realty Tbk. terlihat tetap menunjukkan kinerja yang stabil dan berhasil menjalankan berbagai inisiatif dan strategi untuk meraih pencapaian yang gemilang. Keberhasilan tersebut diterjemahkan melalui beragam inovasi yang senantiasa diorientasikan kepada kepuasan pelanggan, dan perolehan sejumlah penghargaan serta sertifikasi atas kinerja Perseroan.

Perseroan berhasil menjaga keseimbangan kinerja masing-masing lini bisnis utamanya melalui implementasi strategi yang tepat sehingga mampu memberikan harapan atas pencapaian yang berkelanjutan di masa depan.

Pencapaian Perseroan tersebut tercermin dalam tema Laporan Tahunan ini, yakni “Capitalizing on Strengths. Delivering Excellence”. Desain sampulnya yang unik tapi bersahaja terinspirasi dari motif batik kawung yang melambangkan pribadi seorang pemimpin yang berjiwa besar, pekerja keras, serta senantiasa memiliki harapan dan keseimbangan dalam hidup.

Pencapaian yang berhasil diraih oleh Perseroan sepanjang 2016, diantaranya, semakin baiknya tingkat kepuasan pelanggan Plaza Indonesia Shopping Center berdasarkan survei yang dilakukan, serta keberhasilan Grand Hyatt Jakarta untuk kembali mengukuhkan reputasinya sebagai hotel terbaik di kelasnya melalui serangkaian penghargaan yang diterima di sepanjang tahun, peningkatan pendapatan fX Sudirman yang menggembirakan, bergabungnya 15 penyewa baru di The Plaza Office Tower baik perusahaan lokal maupun multinasional ternama, serta keberhasilan Keraton at The Plaza dalam mempertahankan citra eksklusifnya saat terpilih sebagai Tripadvisor Certificate of Excellence dan Best Brunch in Jakarta 2016, serta Best All-Suite-Hotel 2016 di sepanjang tahun.

Perseroan juga berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001: 2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dengan cakupan adalah Property Management seperti Engineering, Retail Fit Out and Building Improvement, Retail and Office Tower Operations, Safety and Security of Plaza Indonesia Shopping Center and The Plaza Office Tower.

Pendapatan tercatat mencapai Rp1.659,20 milliar naik dari Rp1.644,55 miliar pada tahun sebelumnya. Di sisi profitabilitas, EBITDA Perseroan mencapai Rp808,82 miliar, naik dibandingkan tahun 2015 yang mencapai Rp761,53 miliar.

Dalam Laporan Tahunan 2016 PT Plaza Indonesia Realty Tbk. yang terdiri dari 269 halaman, menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan Perseroan dan pencapaian yang telah dihasilkan dari 2014-2016, lengkap dengan grafik serta tabel.

Hal penting lainnya yang tercantum dalam Laporan Tahunan 2016 PT Plaza Indonesia Realty Tbk, juga memuat ulasan perihal Tata Kelola Perusahaan dengan menerapkan dan menegakan nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG). Dijelaskan bahwa pada tahun 2016, Perseroan melakukan inisiatif untuk memperkuat perangkat GCG Perseroan berdasarkan Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 21/POJK.04/2015.

Sementara itu, Plaza Indonesia secara lugas memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial yang dilakukan Perseroan. Dijelaskan bahwa tanggung jawab sosial Perseroan (Corporate Social Responsibility/CSR) telah diwujudkan melalui pendirian Yayasan Plaza Indonesia pada tahun 2012. Melalui Yayasan Plaza Indonesia, seluruh kegiatan CSR dapat dilaksanakan secara lebih terencana dan terarah dalam satu naungan dan telah dilakukan sejalan dengan ISO 26000.

Dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan serta menyasar segmen konsumen yang lebih luas, dari laporan tahunan ini terlihat bahwa Perseroan tetap mengedepankan nilai-nilai unggulan dari layanan yang diberikan untuk kelangsungan usaha. (DD)