Website Ibarat Wajah Perusahaan, Buatlah Informatif dan Menarik

Ilustrasi
Ilustrasi | Candra/Annualreport.id

Apakah Anda masih ragu betapa pentingnya sebuah website untuk perusahaan? 

Saat ini zaman sudah berubah. Semua serba digital dan terkoneksi. Jika tidak beradaptasi, bisa-bisa kita ditinggalkan investor atau klien penting, karena mereka telah menemukan perusahaan yang lebih mudah dan cepat dijangkau, bahkan informasinya lebih jelas, lengkap, dan akurat, melalui website perusahaan tersebut.

Mereka tidak perlu repot mencari informasi sebuah perusahaan, tinggal duduk di depan laptop atau komputer, atau bahkan lebih mudah, ketika bermain gadget, mereka menemukan informasi perusahaan-perusahaan yang mereka butuhkan melalui website perusahaan.

Karena itu, website perusahaan ibarat "wajah" bagi perusahaan, dan menjadi tools strategis perusahaan untuk meraih kepercayaan publik, investor dan pemangku kepentingan yang lain.

Seorang pakar, konsultan, dan juga dosen di bidang GCG (good corporate governance), capital market, dan manajemen risiko, Hendy M Fakhruddin, kepada Annualreport.id mengungkapkan, saat ini, masih banyak perusahaan yang membuat website perusahaannya sekadarnya saja. Padahal, di era keterbukaan informasi saat ini keberadaan website itu sangat penting. Tampilannya harus menarik, peta situsnya harus dibuat semudah mungkin, informasi yang disajikan pun harus jelas, lengkap, dan akurat.

Website ini, selain menjadi "wajah" perusahaan, juga menjadi tools strategis perusahaan, terutama bila perusahaan ingin go international. Karena itu, websitenya harus pula berstandar internasional. Minimal bilingual atau dua bahasa. Isinya harus dilengkapi sebagaimana isi yang ada dalam buku laporan tahunan perusahaan, seperti profil perusahaan, tata kelola perusahaan, manajemen risiko, CSR (corporate social resposibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan, dan sebagainya, termasuk laporan tahunan itu sendiri untuk beberapa tahun ke belakang.

Dengan demikian, publik, atau para pemangku kepentingan, investor, atau calon investor dari seluruh penjuru dunia, akan mendapatkan gambaran secara utuh tentang perusahaan melalui website perusahaan dengan mendownload laporan tahunan hingga beberapa tahun terakhir.

Memang, dahulu tidak terbayangkan sebuah website menjadi sedemikian strategis posisinya bagi perusahaan. Sekarang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mendorong agar perusahaan membuat website sedemikian bagus dan lengkap, serta dibuat dalam dua bahasa, agar perusahaan bisa mendapat “perhatian” dari dunia international.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam website sebuah perusahaan adalah laporan sustainability reporting, yaitu pelaporan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengukur, mengungkapkan (disclose), serta upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang akuntabel bagi seluruh pemangku kepentingan untuk tujuan kinerja perusahaan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Laporan ini sangat penting agar publik dan para pemangku kepentingan mengetahui sejauh mana komitmen perusahaan terhadap akuntabilitas dan keberlanjutan usaha perusahaannya.