Saat ini, banyak perusahaan atau lembaga lainnya yang memberikan perhatian khusus terhadap laporan tahunan atau annual report mereka. Bukan hanya dari sisi isinya, namun juga dari tampilannya. Dengan tujuan agar menarik dan tidak membosankan, seperti stigma sebagian orang selama ini ketika disodorkan laporan tahunan.
Apalagi belakangan ini, banyak korporasi yang menjadikan laporan tahunan mereka sebagai salah satu alat pemasaran perusahaan. Sehingga banyak dari mereka yang berupaya untuk menyajikan laporan tahunannya dengan kreatif dan menarik untuk dibaca.
Berikut tips yang coba kami berikan dalam menyusun laporan tahunan agar menarik dan mudah untuk dibaca serta di pahami.
1. Visual Grafis
Fakta-fakta perusahaan harus disajikan dengan kreatif dalam format visual grafis maupun dalam format teks atau fonts. Gunanya untuk menarik perhatian pemangku kepentingan. Infografis dan daftar isi juga harus menjadi prioritas para pembuat laporan tahunan. Gunanya selain menarik perhatian para pemangku kepentingan, laporan tahunan tersebut juga bisa menjadi salah satu alat pemasaran perusahaan.
2. Photography
Salah satu pepatah lama mengatakan, sebuah gambar bernilai seribu kata. Begitu menyampaikan cerita dengan gambar, pastikan untuk menggunakan gambar professional yang berkualitas tinggi dan kreatif sehinggga gambar dan cerita yang ada di laporan tahunan bisa terhubung secara emosional dengan pembaca, serta mewakili perusahaan Anda.
Perlu diketahui, harmonisasi foto, tulisan dan gambar yang unik akan menghasilkan laporan tahunan yang menarik perhatian dan pastinya memiliki nilai emosional bagi pembaca.
3. Tema
Banyak perusahaan yang bingung ketika menentukan tema. Berikut ini panduannya:
• Investigasi adalah hal utama yang harus dilakukan dalam menentukan tema di laporan tahunan. Perlu diingat, laporan tahunan yang kreatif, inovatif, dan menarik perhatian tidak mengikuti tema yang sedang tren.
• Tema harus berhubungan dengan kata kunci yang populer, artinya yang selalu menjadi perhatian bagi para pemangku kepentingan atau para pembacanya.
• Tema harus menjadi benang merah terhadap isi dari laporan tahunan.
4. Kreatif dan Unik Bukan Berarti Mahal
Ada banyak cara untuk membuat laporan tahunan Anda berkesan bagi para pemangku kepentingan, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.
• Prolog dan kalimat penutup yang menarik dan kreatif akan menghasilkan pesan yang efektif yang ingin disampaikan perusahaan Anda kepada publik.
• Ukuran kertas, untuk bentuk hard copy, merupakan salah satu bagian yang harus menjadi perhatian Anda dalam membuat laporan tahunan yang unik dan kreatif.
Laporan tahunan tidak harus disajikan secara konvensional yang harus menggunakan ukuran kertas A4. Anda bisa menggunakan ukuran yang lain yang terlihat unik dan kreatif. Setelah Anda menentukan ukuran yang beda dari yang lain, Anda juga harus mengemas laporan tahunan sesuai prisnsip unik dan kreatif tadi.
• Ada banyak teknik cetak hemat biaya dan finishing yang tersedia saat ini untuk meningkatkan tampilan dan nuansa dari laporan tahunan yang unik dan kreatif serta bernilai ekonimis.
5. Memanfaatkan Teknologi
Manfaatkan kecanggihan teknologi saat ini untuk membantu Anda dalam penyusunan laporan tahunan. Karena dari sana, kreatifitas dapat muncul dan bisa direalisasikan dalam laporan tahunan perusahaan Anda. Semisal penggunaan QR Code dalam laporan tahunan guna menjelaskan bab atau halaman yang kita buka dalam bentuk visual melalui smartphone atau lain sebagainya. (DD)