Strategi Membangun Hubungan dengan Lingkungan Masyarakat

ilustrasi
Ilustrasi | Aldy/Annualreport.id

Menjaga hubungan dengan semua pihak menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna kelangsungan usaha. Menjaga hubungan bukan hanya sebatas hubungan internal perusahaan, namun menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan lingkungan ekternal juga harus dibina.

Disinilah dibutuhkan peran seorang Public Relations (PR) untuk merangkai strategi guna menjaga hubungan yang baik dengan pihak internal maupun eksternal. Terkait hubungan ekternal perusahaan, tidak hanya sebatas kepentingan bisnis semata, sebuah perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan linkungan masyarakat.

Dalam kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, PR memiliki tanggungjawab seperti, menciptakan hubungan dengan kelompok dalam masyarakat dengan mempelajari pandangan mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memberikan informasi (edukasi).

Seorang PR juga harus mempelajari konsekuensi ekonomi, lingkungan sosial yang berpengaruh terhadap pratik-praktik kegiatan perusahaan serta mempelajari bagaimana meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Selain itu, seorang PR juga harus mampu mendorong karyawan untuk ikut mengambil bagian dalam kegiatan kemasyarakatan/kemanusiaan, dan harus mampu menanggapi keluhan masyarakat serta memperbaiki akibat-akibat yang menimbulkan adanya keluhan tersebut.

Yang paling penting, seorang PR harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaan tempatnya bekerja selalu memperhatikan, menyesuaikan dan melakukan usaha-usaha untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Melalui kegiatan eksternal ini, diharapkan dapat menciptakan kedekatan dan kepercayaan publik eksternal kepada perusahaan. Dengan begitu, maka akan tercipta hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan publik eksternalnya, sehingga dapat menimbulkan citra baik atas perusahaan dimata publik.

Dengan citra positif yang terbangun dimata publik, secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan para Pemangku Kepentingan dan calon investor, serta pelanggan atau konsumen. Dengan begitu, kelangsungan usaha akan tetap terjaga dengan baik. (DD)