Peran Public Relations dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Perusahaan

ilustrasi
ilustrasi | Aldy/Annualreport.id

Seiring dengan perkembangan zaman yang juga mengakibatkan pergeseran kebutuhan di tengah persaingan yang semakin ketat, seorang public relations (PR) diharapkan mampu menunjang perkembangan bisnis sebuah perusahaan. Seorang PR yang telah memiliki kemampuan dalam komunikasi baik secara internal maupun eksternal, diharapkan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan jumlah konsumen atau pelanggan. 

Salah satunya, adalah dalam membantu divisi marketing agar sasaran penjualan suatu bisnis yang dijalankan oleh divisi tersebut tepat sasaran dan dapat berkembang guna meningkatkan pendapatan perusahaan.

Seorang PR dituntut untuk dapat memperluas peranannya dalam bidang pemasaran produk atau jasa, dimana strategi komunikasi diharapkan mampu menjaring konsumen atau pelanggan baru. Hal tersebut pada umumnya lebih dsebabkan karena adanya peningkatan kebutuhan dan persaingan yang semakin kompetitif.

Dalam pelaksanaannya, biasanya divisi PR dan marketing bersinergi dengan merancang perencanaan, dan melakukan evaluasi program-program marketing yang telah dijalankan. Kemudian divisi PR dan marketing menyimpulkan sebuah strategi atau program yang akan dijalankan untuk mendorong minat beli serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Dalam hal ini, divisi PR memiliki tugas untuk melakukan penyampaian informasi dan kesan yang meyakinkan, bahwa perusahaan dan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan minat konsumen.

Sebagai divisi yang tidak lepas dari strategi perusahaan, seorang PR senantiasa harus memperhatikan strategi pemasaran, yang diikuti dengan pengembangan sarana dan hasil yang secara langsung berhubungan dengan pembelian dan penjualan produk atau jasa.

Saat ini, strategi komunikasi dalam pemasaran memang memegang peranan yang cukup penting ketimbang pendekatan marketing tradisional. Dengan semakin pandainya konsumen dalam menyerap informasi yang dapat dengan mudah di akses, menjadikan strategi komunikasi dalam hal pemasaran sangat di utamakan guna menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Terlebih untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang dimiliki perusahaan.(DD)