Sebagai sebuah perusahaan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan mampu berkompetisi di era global dengan kinerja yang tinggi pada semua sektor pekerjaan merupakan salah satu hal yang menjadi keharusan. Hal ini juga menjadi salah satu kerja keras dari para pendidik dalam menyiapkan SDM yang unggul.
Ketercapaian akan harapan itu tentu dibarengi dengan penyiapan dan pembentukan para pendidik agar mempunyai bekal competencies and skills yang memadai. Karena strategi membangun SDM unggul juga harus dilakukan melalui jalur formal dan informal.
Proses pendidikan atau mendidik dapat diketahui tidak hanya sebatas pada transfer of knowledge saja, tetapi lebih jauh dari pengertian itu utamanya mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika, estetika atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Pembudayaan program pendidikan karakter dapat dilakukan secara langsung (melalui pendidikan dan latihan) atau tidak langsung yakni terintegrasi pada semua kegiatan dan pengelolaan kampus secara keseluruhan.
Setiap proses pendidikan atau mendidik dapat diketahui tidak hanya sebatas pada transfer of knowledge saja, namun lebih jauh dari pengertian itu utamanya adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika maupun estetika maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.
Dalam kaitan ini, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM antara lain, pertama adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
Pemerintah dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan iptek, serta merata di seluruh pelosok tanah air.
Tidak ada wilayah, apalagi negara, yang maju tanpa sumber daya manusia yang unggul. Tanpa manusia unggul tidak lahir inovasi. Tanpa inovasi tidak akan ada kemajuan. Dan kemajuan tidak akan menimbulkan rasa aman ketika ketimpangan menganga. Kemajuan berbasis gotong royong yang menjadi jalan tengahnya. Sejauh mana kita punya SDM unggul?(DD)