Peran Agency Dalam Menyusun Laporan Tahunan

Studio Design AnrepID
ilustrasi | Studio Design AnrepID

Sebuah laporan tahunan menjadi sangat penting untuk dibuat setiap tahunnya, dan menjadi salah satu media komunikasi yang efektif. Karena memuat berbagai informasi penting diantaranya; identitas perusahaan, catatan penting satu tahun terakhir, ikhtisar keuangan, analisa laporan keuangan, sambutan komisaris dan direksi, laporan manajeman, tata kelola perusahaan, pengelolaan resiko dan bagaimana laporan hasil assessment penerapan praktik Good Corporate Governance (GCG).

Sedemikian pentingnya laporan tahunan sebuah perusahaan, dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam penyusunannya, agar sesuai antara laporan dengan fakta yang sesungguhnya. Selain itu, laporan tahunan juga seyogyanya dikemas dengan menarik dan tidak terkesan membosankan. Sebab, laporan tahunan yang disusun biasanya terdiri dari seratus halaman lebih. Sehingga dibutuhkan visualisasi yang tidak membosankan pembacanya, terutama bagi mitra bisnis bahkan calon mitra bisnis.     

Untuk itu, tidak jarang perusahaan yang menggunakan jasa agency dalam menyusun laporan tahunan. Namun, diperlukan juga kehati-hatian dalam memilih agency untuk membantu dalam menyusun laporan tahunan. Karena sedikit kesalahan dalam penyusunan laporan tahunan akan berakibat fatal bagi sebuah perusahaan.

Selain itu, terdapat pula pilar-pilar yang harus digunakan dalam menyusun laporan tahunan, terkait tata kelola perusahaan. Karena saat ini laporan tahunan berfungsi sebagai wujud penerapan dari GCG atau sebagai tata kelola perusahaan yang baik. Jadi dengan pembuatan laporan tahunan yang baik, bisa menjadi cerminan bahwa perusahaan tersebut telah bisa melaksanakan tata kelola dengan baik. Hal ini tentunya bermanfaat bagi kemajuan perusahaan di masa yang akan datang.

Dimana laporan tahunan harus dijelaskan bagaimana sebuah perusahaan menerapankan GCG, bagaimana perusahaan dapat menyajikan informasi keuangannya dengan baik dan bersifat informatif dimana syaratnya adalah sesuai dengan tata akuntansi yang saat ini berlaku di negara kita. Tentu saja, agency yang sudah mahir dan profesional sudah sangat mengerti kaidah-kaidah yang berlaku dalam menyusun laporan tahunan.

Laporan tahunan dan reputasi perusahaan sangatlah berkaitan erat. Semakin bagus isi dan desain sebuah laporan tahunan, maka akan semakin baik reputasi sebuah perusahaan, baik itu perusahaan jasa maupun perusahaan perdagangan dan yang lainnya.

Laporan tahunan yang bagus haruslah memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Enak dibaca dan sangat mudah dimengerti

Akan menjadi sangat percuma jika Anda membuat sebuah laporan tahunan dengan desain yang cantik dan menarik tapi isinya sangat sulit untuk difahami, tak beraturan dan bahkan tak berurutan. Dalam membuat sebuah laporan tahunan, yang perlu Anda fikirkan selain desain adalah tentu saja isi yang mudah untuk difahami.

2. Tidak membuat orang bosan saat membacanya

Membaca laporan tahunan tentu saja sangat berbeda dari membaca buku, majalah, koran ataupun yang lainnya. Mata pembacanya akan dihadapkan pada chart, tabel dan angka yang terkadang membuat si pembaca jadi sangat mudah bosan. Disinilah peran desainer grafis sangat diperlukan agar tercipta sebuah laporan tahunan yang enak dibaca dan tidak mudah bosan saat dipelajari.

3. Tidak menimbulkan ambiguitas dalam isi

Jangan membuat orang atau siapapun yang membaca laporan tahunan yang Anda buat berfikir dua kali dalam mempelajari laporan tahunan yang Anda buat. Buatlah laporan tahunan yang tidak menimbulkan ambiguitas baik dalam isi maupun dalam penjelasan yang lainnya.

4. Terlihat Profesional

Desain sebuah laporan tahunan tidak sama dengan desain buku cerita atau majalah. Desain sebuah laporan tahunan bisa jadi menginterpretasikan suatu perusahaan tertentu. Jadi berhati-hatilah dalam membuat sebuah desain laporan tahunan. Salah membuat desain laporan tahunan bisa berakibat sangat fatal untuk keberlangsungan perusahaan Anda.

Pada intinya, sebuah laporan tahunan yang bagus akan membawa citra positif bagi perusahaan yang membuatnya. Dan sebaliknya, laporan tahunan yang terlihat atau terkesan asal-asalan baik dari segi isi maupun dari segi desain akan membuat citra perusahaan pembuatnya jatuh.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki keahlian yang bagus dalam membuat sebuah desain laporan tahunan yang baik dan benar. Untuk itulah diperlukan penyedia jasa atau agency dalam menyusun dan mendesain laporan tahunan yang terpercaya dan berpengalaman agar laporan tahunan Anda terlihat lebih menarik dan profesional.(DD)