Menyusun Transformasi Strategi Public Relations

ilustrasi
Ilustrasi | Dok. Shutterstock

Dalam membangun citra positif perusahaan maupun organisasi harus dibangun melalui beberapa cara/strategi yang matang agar kegiatan yang dijalankan dapat berjalan secara lancar. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencapai visi dan misi perusahaan guna membangun keberlanjutan usaha.

Harus diakui, bahwa mengelola informasi baik yang posisitf atau negatif, baik yang datang dari luar maupun informasi yang akan disampaikan ke internal perusahaan atau publik, sudah seharusnya di pikirkan secara matang. Sehingga apa yang diterima atau disampaikan dapat menimbulkan efek positif bagi kelangsungan usaha.

Seorang public relations memiliki tugas tidak hanya sebagai pembentuk citra positif, melainkan sebagai fungsi manajemen suatu perusahaan. Fungsi manajemen didasarkan pada analisis terhadap pengaruh yang kuat dari lingkungan.

Public relations sangat penting melakukan berbagai perencanaan untuk dapat menjalankan fungsinya, baik itu dalam hubungan dengan pihak eksternal maupun pihak internal. Tujuan perencanaan ini adalah menciptakan, memelihara, meningkatkan dan memperbaiki citra atau image perusahaan.

Prinsip Strategi Menurut Ruslan (dalam Firsan, 2009, h.41) dapat disimpulkan sebagai berikut:

Publications

Setiap fungsi dan tugas public relations adalah menyelenggarakan publikasi atau menyebarluaskan informasi.

Kegiatan

Merancang sebuah kegiatan yang bertujuan memperkenalkan produk dan layanan perusahaan, mendekatkan diri ke publik dan lebih jauh lagi dapat mempengaruhi opini publik.

News

Menciptakan sebuah berita melalui press release, news letter, bulletin, dll. Oleh sebab itu, seorang public relations harus mampu membuat tulisan yang baik dan bernilai berita agar dapat dipublikasikan seluas–luasnya.

Community Involvement

Keterlibatan seorang public relations dengan orang–orang disekitar perusahaan. Dengan mengadakan kontak sosial dengan kelompok masyarakat tertentu guna menjaga hubungan baik dengan pihak organisasi atau perusahaan yang diawakilinya.

Lobbying and Negotiations

Keterampilan untuk melobi melalui pendekatan pribadi dan kemampuan bernegosiasi sangat dibutuhkan oleh seorang public relations.

Social Responsibility

Memiliki rasa tanggung jawab sosial dalam aktivitas public relations menunjukkan bahwa perusahaan atau organisasi memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Hal tersebut dapat meningkatkan citra perusahaan atau organisasi semakin positif dimata publik. (DD)