Menjaga Kualitas Layanan Melalui Peningkatan Mutu Karyawan

ilustrasi
ilustrasi | Ayub/Annualreport.id

Saat ini, masyarakat sudah semakin cerdas dan sadar untuk mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas. Masyarakat sudah sangat cerdas dan mengerti tentang produk atau jasa yang berkualitas. Untuk itu sebuah perusahaan dituntut untuk memberikan layanan produk atau jasa yang berkualitas guna memberikan kepuasan pada konsumen.

Memberikan produk atau jasa yang berkualitas, tentu saja tidak lepas dari sejauh mana sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Pasalnya, melalui SDM yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan produk atau jasa yang juga berkualitas. 

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat seperti sekarang ini, peningkatan mutu karyawan menjadi salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Sebab, kualitas atas produk dan jasa sangat ditentukan dengan teknologi, sistem, cara kerja, dan integritas pribadi untuk mengkontribusikan kualitas kerja terbaik.

Memiliki SDM dengan integritas pribadi yang fokus pada kualitas kerja, akan menjadikan perusahaan dan sistem kerja manajemen lebih efektif. Hal ini, tidak hanya akan meningkatkan pendapatan dan produktivitas perusahaan, tapi juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dalam kaca mata masyarakat luas. Dan secara internal, karyawan-karyawan dengan kualitas dan integritas pribadi, mampu menjadikan cara kerja mereka untuk meningkatkan kreativitas, inovasi, dan soliditas kerja.

Selain pendidikan atau pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu karyawan, perhatian terhadap karyawan juga diperlukan guna menciptakan suasana kerja yang nyaman agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, karyawan juga harus dibekali dengan pemenuhan informasi, pengetahuan, data, dan cara kerja yang terfokus pada mutu dan pelayanan terhadap konsumen.

Kualitas kerja dari setiap individu akan memberikan manfaat untuk menjaga daya saing perusahaan, juga untuk menjaga keberlanjutan usaha. Penerapan kualitas kerja dapat diawali dari tata kelola perusahaan yang terbuka, adil, bertanggung jawab, beretika, berintegritas, dan perhatian terhadap semua aspek perusahaan secara rinci.

Menjaga kualitas layanan produk atau jasa bukan hanya bersumber dari inovasi, namun harus di awali dengan bagaimana perusahaan meningkatkan mutu SDM mereka, melalui sebuah prose dan perencanaan yang bernilai.(DD)