Mengemas Profil Perusahaan dengan Apik dalam Laporan Tahunan

Ilustrasi
Ilustrasi | Candra/Annualreport.id

Salah satu aspek penting yang diungkapkan dalam laporan tahunan adalah profil perusahaan. Pengungkapan profil perusahaan ini disajikan dalam satu bab khusus, dan dimaksudkan agar pembaca laporan tahunan mendapatkan gambaran jelas mengenai sebuah perusahaan.

Informasi yang disajikan dalam bab ini tidak hanya mencakup informasi perusahaan saja, tapi lebih kepada profil dewan komisaris dan direksi, alamat kantor, informasi pemegang saham, penjelasan tentang sumber daya manusia (SDM) dan berbagai informasi terkait lainnya.

Profil perusahaan ini seyogyanya dijabarkan sesuai dengan persyaratan dalam ketentuan Annual Report Award (ARA). Bahkan, para konsultan dan praktisi laporan tahunan, yaitu Hendy M. Fakhruddin, Muhammad Fajri M.P dan Ismaya Aji, melalui buku 22 Kiat Penulisan Laporan Tahunan Berdasarkan Tuntunan GCG dan Kriteria ARA menyarankan agar dalam penyajiannya diberikan hal yang lebih dari apa yang dipersyaratkan oleh ketentuan ARA. Hal ini dimaksudkan agar ada nilai tambah yang dapat diberikan.

Sementara itu, isi dari bab tentang  profil perusahaan dalam laporan tahunan meliputi nama dan alamat lengkap perusahaan, riwayat singkat perusahaan, bidang usaha, struktur organisasi, visi dan misi perusahaan, informasi lengkap dari dewan komisaris dan direksi, serta segala aspek tentang karyawan perusahaan baik dari segi jumlah karyawan dan deskripsi pengembangan kompetensi karyawan.

Dalam bab ini juga dicantumkan tentang segala aspek yang menyangkut komposisi pemegang saham, daftar entitas anak dan atau entitas asosiasi, struktur grup perusahaan, kronologis pencatatan saham dan efek lainnya, serta harus juga dicantumkan nama dan alamat lembaga dan atau profesi penunjang pasar modal. Jangan lupa, segala bentuk penghargaan dan sertifikasi yang diterima perusahaan baik yang berskala nasional maupun internasional, harus dicantumkan.

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah nama dan alamat anak perusahaan atau kantor cabang serta kantor perwakilan (jika ada). Jika perusahaan tidak memiliki entitas anak atau cabang atau pun perwakilan, hal tersebut harus tetap diungkapkan agar semua menjadi jelas dan transparan untuk menarik kepercayaan publik.

Supaya tampilan bab yang berisi profil perusahaan ini lebih manis dan menarik, tak ada salahnya dilengkapi dengan ilustrasi gambar, grafik atau tabel. Bila ingin dilampirkan semacam foto, usahakan foto tersebut menceritakan tentang apa yang diulas dalam halaman ini. (DD)