Membangun SDM yang Berkarakter dan Berkompetensi Tinggi

ilustrasi
ilustrasi | 123RF.com

Bagi sebuah perusahaan, memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan dapat mampu menjawab segala tantangan adalah suatu hal yang diharapkan. Ini sudah bukan menjadi impian belaka, namun bisa diwujudkan melalui sebuah manajemen SDM yang baik. Meningkatkan SDM sebuah perusahaan sudah selayaknya, jika perusahaan memperhatikan kualitas pegawai yang mampu berdaya saing tinggi.

Untuk itu, diperlukan penegembangan Skill (Ketrampilan), Personal`s Atribut (Atribut Perseorangan), Knowledge ( ilmu pengetahuan) dan tercermin dari Job Behaviour (Perilaku Kinerja) yang terukur, dan dapat diamati sehingga dapat dievaluasi.

Manajemen SDM adalah sebuah proses untuk merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan serta mengendalikan semua aktifitas seorang tenaga kerja yang dimulai sejak proses rekruitmen, pengembangan diri, perencanaan karier, evaluasi kerja, rencana suksesi, maupun sistem renumerasi hingga memasuki masa pensiun tenaga kerja tersebut.

Dimana semua proses untuk mengambil sebuah keputusan didasari pada sebuah informasi akan kebutuhan dari kompetensi sebuah jabatan, serta kompetensi setiap individu guna menggapai tujuan perusahaan atau sebuah organisasi.

Sebuah manajemen SDM bertujuan untuk menghasilkan hasil akhir yang diselaraskan dengan tujuan serta sasaran perusahaan dengan menerapkan standar kinerja yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sekali pun perusahaan sudah memiliki sebuah sistem, mesin atau visi misi yang sempurna tetapi jika sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya tidak mampu bekerja dengan baik dan loyal maka tetap akan percuma karena tidak akan menghasilkan perubahan apapun pada perusahaan itu sendiri.

Salah satu sistem management sumber daya manusia yang bisa dipakai disebuah perusahaan agar perusahaan berkembang adalah dengan menerapkan sistem kompetensi untuk semua karyawan yang ada.

Terkait membangun karakter seorang pegawai atau karyawan, harus dimulai dari penekanan nilai-nilai budaya perusahaan kepada mereka. Dimana nilai-nilai budaya perusahaan harus dijadaikan sebuah lanasan dasar bagi mereka dalam melakukan pekerjaan. Hal ini guna tercipta SDM yang memiliki kompenesi dan berkarakter, sehingga mereka mamapu beradaptasi dalam segala situasi dan kondisi dengan hasil yang maksimal bagi perusahaan.(DD)