Membentuk sebuah perusahaan atau bisnis menjadi sukses tentu dibutuhkan kerja sama yang baik antara manajemen dengan karyawannya. Melalui hubungan yang baik dan kekompakan antara manajemen dengan karyawannya, akan membawa pada kemajuan dan pertumbuhan perusahaan. Secara tidak langsung, menata kekompakan internal perusahaan harus di dahulukan sebelum menuju penataan strategi bisnis.
Penataan internal perusahaan dengan membangun hubungan yang baik antara manajemen dengan karyawannya, akan menumbuhkan loyalitas karyawan pada perusahaan. Loyalitas karyawan sangat dibutuhkan oleh perusahaan, agar strategi bisnis dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Karena tidak sedikit, karyawan yang tidak loyal pada perusahaan, akhirnya membocorkan strategi-strategi bisnis perusahaan pada pihak luar, terlebih pada pesaing bisnis.
Dalam sebuah bisnis, persaingan sudah pasti akan di hadapi, terutama pada perusahaan yang melakukan bisnis pada sektor industri yang sama dengan banyak perusahaan lainnya. Strategi bisnis yang jitu, tentu saja diperlukan untuk meraih pangsa pasar di tengah persaingan. Jika kunci dari strategi bisnis di bocorkan pada pihak luar terlebih pada pesaing bisnis, tentu saja akan mempengaruhi pangsa pasar yang akan berafiliasi pada pendapatan dan kelanjutan usaha.
Untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik tentu diperlukan tanggung jawab yang maksimal. Namun tidak semua orang ataupun karyawan mampu mengemban tanggung jawab dengan baik. Maka dari itu, perusahaan harus bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap karyawan.
Salah satu strategi untuk menumbuhkan loyalitas karyawan adalah dengan menyematkan identitas perusahaan pada karyawan. Rasa tanggung jawab akan muncul dengan adanya loyalitas dan solid. Oleh karena itu, berikanlah karyawan sebuah identitas perusahaan. Contoh, perusahaan annualreport.id yang memberikan identitas pada para karyawannya dengan sebutan anreper. Langkah ini dilakukan supaya meningkatkan rasa memiliki perusahaan yang tinggi dari para karyawan.
Itulah salah satu strategi perusahaan untuk membangun loyalitas para karyawan dengan harapan agar para karyawan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Hal yang paling penting adalah menjaga komunikasi dengan karyawan. Selain meningkatkan ikatan keluarga, hal ini juga bisa mengatisipasi kesalahan mereka dalam bekerja.(DD)