Komunikasi dengan pihak internal, dalam hal ini dengan karyawan, menjadi hal yang cukup penting bagi sebuah perusahaan, khususnya bagi perusahaan dengan skala gobal. Disini, seorang Public Relations (PR) dituntut untuk mampu menciptakan sebuah strategi atau sistem agar komunikasi antar pegawai dan manajemen dapat terjalin dengan baik, guna kelancaran usaha.
Karyawan merupakan salah satu dari sekian banyak pemangku kepentingan perusahaan dan karenanya juga memiliki kepentingan terhadap perusahaan. Disini kita tidak hanya membicarakan mengenai aspek peningkatan kualitas, kesejahteraan dan pengembangan karir dari karyawan, namun juga mengenai kebutuhan karyawan terhadap informasi mengenai perusahaan.
Karenanya menjadi penting untuk melaksanakan program atau aktivitas komunikasi internal. Tujuan terpenting dalam menjalankan aktivitas komunikasi internal adalah untuk menjaga iklim komunikasi dalam perusahaan.
Bagi perusahaan yang memiliki skala global, komunikasi internal perusahaan cukup diperlukan guna mengetahui segala aktivitas karyawan dan manajemen. Untuk itu itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut.
Seperti yang dilakukan oleh Danone, perusahaan asal Prancis ini telah membangun sebuah sistem komunikasi internal yang dikemas dalam bentuk sosial media. Internal Communication Platform yang dibangun Danone tersebut dirasa cukup efektif dalam membangun iklim posisitif dalam Perusahaan. Sistem tersebut cukup berguna untuk mengetahui segala macam bentuk informasi dari semua perusahaan Danone yang tersebar di belahan dunia, seperti di Indonesia.
Melalui media tersebut, baik karyawan maupun manajemen dapat mengetahui segala macam bentuk informasi Perusahaan dalam membangun bisnis, untuk menggapai visi dan misi. Selain itu, mereka pun dapat saling mengetahui setiap kegiatan yang dilakukan baik oleh manajemen maupun karyawan dalam lingkungan Perusahaan.
Media komunikasi yang dapat dipergunakan untuk internal pun dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi eksternal dengan tujuan mendorong pemasaran produk ataupun peningkatan citra perusahaan. Fungsi PR dalam komunikasi internal tersebut adalah semacam moderator yang dapat memantau setiap saat. Diamana melalui sistem tersebut, seorang PR juga dapat mengatur strategi komunikasi yang dapat memberikan manfaat bagi manajemen dan karyawan.(DD)