Dalam membantu berbagai perusahaan untuk menulis laporan tahunan mereka, akan timbul pertanyaan utama yang kerap ditanyakan, yakni seberapa penting laporan tahunan bagi perusahaan.
Pertanyaan tersebut timbul sebagai akibat adanya kesan rumit dalam menulis laporan tahunan. Bahkan, dari opini yang berkembang, timbul kesan bahwa laporan tahunan tidak begitu bermanfaat. Hal ini sebenarnya kurang tepat, mengingat laporan tahunan justru dapat dimanfaatkan sebagai media strategis keterbukaan.
Dalam buku 22 Kiat Penulisan Laporan Tahunan Berdasarkan Tuntunan GCG dan Kriteria ARA, dijelaskan, penyampaian informasi korporasi yang dilakukan secara terbuka dapat menimbulkan efek positif terhadap pembentukan citra perusahaan. Bahkan laporan tahunan sebuah perusahaan yang menyampaikan informasi sukarela akan dihargai oleh sebagian besar stakeholders, dan mereka bersedia memberikan nilai tambah terhadap hal ini.
Buku tersebut juga menjelaskan, sebagian besar Corporate Secretary, khususnya yang berhasil memenangkan ARA, merasakan apresiasi lebih yang diberikan para stakeholders terhadap keterbukaan yang disampaikan dalam laporan tahunan.
Oleh karena itulah, pengemasan laporan tahunan perlu dilakukan untuk memperoleh manfaat maksimal. Secara tidak langsung, laporan tahunan dapat menjadi “bahan jualan” dan corporate image. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan melakukan persiapan maksimal dan mengeluarkan budget tinggi untuk mempercantik buku laporan tahunan mereka.
Tidak ada yang keliru dengan hal tersebut, namun yang terpenting adalah penilaian terhadap kualitas informasi yang ada di dalamnya, sudah sejauh mana mampu menjadi referensi bagi pembaca laporan tahunan perusahaan.
Hasil yang Maksimal
Terkait dengan hal tersebut, kiranya perlu dipikirkan berbagai langkah inovatif untuk menunjang keberadaan laporan tahunan. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi digital, di mana banyak perusahaan saat ini tidak terlalu banyak mencetak hard copy laporan tahunan, namun memanfaatkan media digital seperti DVD.
Perlu diingat, isi softcopy dalam DVD Laporan Tahunan bukan sekedar berisi file PDF Laporan Tahunan, namun DVD tersebut perlu dikemas dalam bentuk multimedia. Artinya, isi DVD tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah informasi penting dan sarana marketing bagi Perusahaan.
Dengan penggunaan multimedia yang canggih, pembaca laporan tahunan tinggal memilih bagian yang hendak dilihat dan setelah dipilih, akan timbul halaman tersebut.
Sebagai sarana marketing, isi DVD tersebut dapat menampilkan informasi-informasi lain yang dibutuhkan, seperti iklan perusahaan, brosur, dan informasi-informasi penting lainnya. Secara biaya, penggunaan DVD tentunya akan lebih efisien.
Dari sisi yang lain, dengan pemanfaataan teknologi, dapat dipilih atau digunakan file yang dapat dibuka di gadget seperti ipad, iphone dan tablet lainnya. Variasi ini diperlukan untuk semakin memudahkan para target pembaca Laporan Tahunan memanfaatkan informasi yang terkandung di dalam Laporan Tahunan kita.
Jadi, sekarang zamannya multimedia dan digital, manfaatkanlah untuk memperoleh hasil maksimal. (DD)