Laporan Tahunan Bukan Sekadar Buku Bacaan

ilustrasi
Ilustrasi | london.gov.uk/diolah

Laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih perusahaan dalam setahun. Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan laporan tahunan. Isi dari laporan tahunan tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja perusahaan selama satu tahun.

Laporan tahunan merupakan salah satu media komunikasi resmi perusahaan dan karenanya merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen perusahaan dalam melaksanakan tata kelola perusahaan, khususnya pada prinsip transparansi. Kualitas keterbukaan informasi yang disajikan dalam laporan tahunan menjadi perhatian sejumlah regulator dan sejumlah instansi lainnya, bahkan masyarakat luas pada umumnya.

Terdapat beberapa fungsi mendasar dari sebuah laporan tahunan yang dibuat oleh masing-masing perusahaan, yaitu sumber dokumentasi informasi perusahaan tentang apa yang telah dicapai perusahaan selama setahun. Laporan tahunan bisa dimanfaatkan sebagai alat pemasaran yang kreatif bagi perusahaan melalui integritas desain dan tulisan, juga agar menambah daya tarik perusahaan di mata publik.

Adapun laporan tahunan juga kerap dijadikan sebagai dokumen lengkap yang menceritakan secara mendetail kinerja perusahaan, beserta dengan neraca rugi laba perusahaan dalam setahun, serta memberikan gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang.

Penulisan laporan tahunan bukanlah sebuah proses yang mudah, melainkan memerlukan waktu yang cukup lama. Laporan tahunan ini biasa ditulis oleh seorang yang cukup mahir dalam menyajikan sebuah laporan kinerja perusahaan yang penuh dengan angka dan data, yang disajikan secara menarik agar tak bosan membacanya.

Biasanya, sebuah laporan tahunan disusun secara objektif, yang menyajikan pesan untuk membangun kesadaran publik akan perkembangan suatu perusahaan. Evaluasi atas laporan tahunan sebelumnya menjadi dasar untuk penulisan laporan tahunan selanjutnya. Tak lupa, laporan tahunan juga dilengkapi dengan fakta dan data-data statistik untuk menggambarkan keadaan perusahaan secara lebih detail.

Tujuan penulisan laporan tahunan adalah untuk menginformasikan prestasi perusahaan yang nantinya diharapkan mampu mengubah sikap publik menjadi lebih positif.

Selain itu, laporan tahunan juga dirancang melalui proses identifikasi publik sasaran dengan menentukan secara pasti kepada siapa laporan tahunan yang dibuat tersebut diperuntukkan. Publik sasaran terdiri dari calon investor, analis keuangan, karyawan, Pemerintah, konsumen, dan lainnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan juga adalah menentukan tema laporan, yakni menentukan hal-hal penting apa saja, termasuk pesan kunci utama yang ingin disampaikan kepada publik sasaran. Begitu juga dengan strategi mengombinasikan angka-angka, grafik, foto, dan tulisan, agar tersaji dengan menarik.

Pada dasarnya, laporan tahunan harus mampu disajikan semenarik mungkin dengan desain yang lengkap. Karena, laporan tahunan yang terlalu tebal jika hanya diisi dengan angka dan tulisan akan membuat pembaca bingung dan jenuh.

Kelebihan laporan tahunan yang dibuat secara lengkap dan didesain secara menarik akan menjadi sebuah dokumen yang sangat efektif untuk menginformasikan sekaligus mempromosikan perusahaan tersebut kepada publik.(DD)