Inilah 3 Annual Report Paling Inovatif di Dunia

|

Sebagai sebuah ‘karya’ korporasi, annual report tidak seharusnya dibuat monoton. Tidak hanya lebih keren dari sisi desain dan gaya tulisan, ternyata format dari annual report juga sebaiknya dibuat lebih inovatif.

Dengan annual report yang memiliki tampilan, konten, dan desain yang baik, pembaca diharapkan bisa terinspirasi. Pasalnya, sekalipun bukan untuk kebutuhan komersial, sebuah annual report bisa menjadi salah satu cara bagi sebuah perusahaan dalam mendongrak citra di mata masyarakat, tidak cuma pemegang saham.

Jika Anda ingin memulai proyek annual report, sebaiknya contoh saja deretan annual report paling inovatif di dunia versi Forbes berikut ini:

Shopify

Shopify

Perusahaan e-commerce ini menyajikan banyak hal yang interaktif seperti layanan di website-nya. Dalam elemen-elemen interaktif itu, Spotify menghadirkan garis besar pertumbuhan perusahaan dan berbagai informasi penting lainnya.

Tidak hanya itu saja, Spotify juga memberikan laporan dengan mengkombinasikan grafik yang bisa dibaca, animasi yang bergerak, foto-foto, dan timeline pencapaian perusahaan. Annual report ini membuat pembacanya tergugah ingin berbelanja di website e-commerce tersebut.

MailChimp

MailChimp

Perusahaan ini sering melakukan kampanye-kampanye menarik lewat email, tak mengherankan jika mereka melakukan hal yang sama pada annual report yang dibuat. Pembaca bisa melakukan scroll pencapaian-pencapaian yang disajikan lewat angka, mulai dari kemenangan perusahaan di perlombaan softball hingga email yang telah dikirim.

MailChimp juga melakukan banyak hal menarik dengan menampilkan figur-figur yang berkaitan dengan konten, serta inspirasi, blog, dan hiburan lainnya. Membaca annual report dari perusahaan ini membuat pembacanya seolah memasuki sebuah wahan hiburan yang menyenangkan.

KickStarter

KickStarter

Situs layanan crowdfunding ini memberikan sebuah pengalaman interaktif dengan slideshow yang berisi satu halaman penuh video. Tentu saja, bukan video biasa, melainkan sebuah video yang menampilkan proyek-proyek tersukses yang pernah mereka kampanyekan.

Annual report buatan Kickstarter disebut-sebut mampu melibatkan pembacanya secara emosional sehingga terdorong untuk melakukan penemuan-penemuan keren yang bisa dikampanyekan. Banyak hal-hal inspiratif dihadirkan dalam annual report sehingga membuatnya seperti buku motivator kelas dunia.