Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan dunia internet khususnya fenomena penggunaan media sosial cukup luar biasa. Semua mulai berbondong-bondong menuju tren digital ini. Seolah menemukan media baru untuk mengekspreksikan diri, membentuk opini, berbagi informasi atau sekedar mencari kawan untuk berinteraksi secara horisontal.
Tentu, dengan makin banyaknya pengguna media sosial tersebut bisa dilihat betapa besarnya potensi yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengembangkan peluang-peluang baru atau sekadar untuk bisa bertahan ditengah persaingan.
Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana penguat bisnis. Pasalnya, para pelaku bisnis mulai melihat bahwa banyak masyarakat yang menggandrungi media sosial yang bisa dijadikan salah satu peluang untuk memanfaatkannya sebagai sarana branding dan informasi.
Setidaknya ada beberapa alasan yang mendasari perusahaan untuk memanfaat media sosial, antara lain adalah:
- Untuk mempererat hubungan dengan konsumen atau pelanggan. Media sosial mampu mengubah gaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan partisipatif, hal ini menyebabkan hubungan antara perusahaan dengan konsumennya menjadi lebih intens, lebih personal dan setara (horisontal). Media sosial memungkinkan konsumen untuk berkomentar langsung dengan apa yang sedang dilakukan atau yang sedang terjadi dengan perusahaan tersebut. Dengan menciptakan satu akun atau fanpages di Facebook atau bisa juga dengan sebuah akun Twitter, sebuah brand bisa berkomunikasi dengan konsumen dengan mudah dan dekat.
- Guna mencari informasi akan kebutuhan konsumen melalui sebuah survei yang dilemparkan melalui media sosial. Dengan melemparkan sebuah topik atau survei akan sesuatu, maka konsumen dapat memberikan pendapatnya akan sesuatu tersebut dengan cepat, sehingga memudahkan untuk dapat membuat keputusan secara cepat. Dengan begitu, perusahaan dapat membuat atau menentukan sebuah strategi khusus terhadap produk baru yang akan diluncurkan.
- Meningkatkan brand awareness dan user engagement. Dengan media sosial, maka sebuah brand mampu mengumpulkan komunitas-komunitasnya dalam satu wadah tertentu, hal ini tentu saja akan memudahkan brand untuk melakukan promosi atau sekadar untuk berinteraksi dengan konsumen. Sebagai konsumen pun merasa semakin dilibatkan dalam berbagai hal, karena suaranya semakin mudah terdengar.
- Efisiensi biaya promosi dan komunikasi. Media sosial meningkatkan efisiensi dari perusahaan, antara lain mengurangi biaya komunikasi karena dengan media sosial setiap user adalah “juru bicara”. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai ajang promosi dan bisa menekan biaya promosi, yang awalnya mungkin gila-gilaan menjadi lebih ringan dengan adanya media sosial.
- Memperluas networking karyawan. Penggunaan media sosial bisa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas karyawan dengan memberikan kebebasan pada para karyawannya dalam menggunakan media sosial guna memperluas networking mereka yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. Dimana perusahaan mendorong para karyawannya untuk terus meluaskan networking yang tidak hanya ditujukan untuk kepentingan perusahaan dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, namun juga untuk mengembangkan jejaring individu para karyawannya, dengan harapan modal sosial dari para karyawan dapat meningkat sehingga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan di masa yang akan datang.
- Menjadikan media sosial sebagai bagian dari upaya engagement karyawan. Sumber daya manusia merupakan modal utama dari sebuah perusahaan, untuk memaksimalkan pendayagunaan potensi yang dimiliki oleh karyawan di dalam perusahaan, harus ada faktor-faktor yang mampu membentuk kenyamanan sehingga karyawan merasa menjadi bagian dari perusahaan.
Jika perusahaan cermat menggunakan media sosial dengan menjadikannya sebagai bagian yang integral dari perusahaan, maka perusahaan dapat menjadikan peranan media sosial sebagai competitive advantage perusahaan dibanding perusahaan lainnya. Sehingga perusahaan dapat tetap bertahan dalam dunia bisnis yang semakin dinamis seperti sekarang ini.(DD)