Melibatkan sentuhan kreatif pada sebuah annual report merupakan sebuah keharusan. Meskipun pada dasarnya annual report berisi laporan keuangan yang cukup rumit untuk dipahami, bukan berarti Anda harus mengabaikan unsur estetika agar setiap orang tertarik untuk membacanya.
Namun, dalam memberikan sentuhan kreatif pada sebuah annual report, Anda tidak bisa memperlakukan seenaknya. Ada batasan-batasan yang harus dimiliki, mengingat annual report adalah sebuah proyek yang formal di mana unsur keseriusannya tidak boleh diabaikan.
Di bawah ini adalah hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan sentuhan kreatif pada sebuah annual report. Dengan begitu, Anda bisa membuat annual report Anda terlihat lebih menarik dan semakin dilirik namun tidak melanggar etik. Apa saja?
1. Komposisi Warna
Biasanya Annual Report sarat akan warna dominan hitam putih dengan desain kreatif yang masih terstruktur dan terlihat kaku. Dengan mencoba memberi sentuhan warna yang pas pada annual report, Anda dapat melihat perbedaan dalam hal ketertarikan. Siapa yang tidak tertarik melihat desain kreatif annual report begitu manis dan menggoda untuk dibuka?
2. Posisi dan Tata Letak
Meletakan tulisan dengan diselingi desain kreatif juga menjadikan annual report Anda menjadi lebih segar, meskipun secara aturan ada beberapa ketetapan yang harus dipatuhi namun tidak ada salahnya membuat tata letak yang juga menarik perhatian.
3. Kesesuaian Desain
Desain kreatif bisa menjadikan annual report yang Anda buat menjadi menarik dan enak dibaca, namun Anda tetap harus memperhatikan kesesuaian desain kreatif dengan tipe perusahaan Anda. Jangan sampai karena ingin terlihat menarik, Annual Report perusahaan anda justru terlihat seperti buku gambar dengan terlalu banyak warna.