Telkom MangoSTAR Permudah UKM di Pelosok Mengakses Internet

|

Keseriusan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dalam melayani segmen UKM, semakin tak terbantahkan. Melalui Divisi Business Service (DBS), kini BUMN ini kembali meluncurkan layanan terbarunya yang bernama MangoSTAR, sebuah layanan yang akan memudahkan para UKM di mana pun untuk dapat menikmati akses internet. 

Disebutkan Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, MangoSTAR merupakan solusi akses Internet berbasis Teknologi Satelit atau yang dikenal dengan nama Very Small Aperture Terminal (VSAT), yang sangat cocok bagi UKM di daerah remote yang kesulitan dalam penarikan akses jaringan fisik (tembaga atau fiber optic). 

"MangoStar salah satu upaya Telkom menghadirkan akses telekomunikasi ke seluruh wilayah Indonesia tanpa memandang lokasi, karena dapat melayani masyarakat di pelosok atau daerah terpencil sekalipun," kata Awaluddin, di Jakarta, Senin (4/4/2016).
 
Pihaknya pun mengklaim, MangoStar sebagai satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan download hingga 2 Mbps dan upload 0,5 Mbps. 

Tidak hanya itu, MangoStar menyediakan paket dengan biaya bulanan terjangkau serta delivery dan layanan terjamin, termasuk kemudahan top-up melalui www.blanja.com dan penambahan kuota akses internet

Benefit tambahan selain akses internet, pelanggan langsung dapat menikmati layanan televisi free to air tanpa mengurangi kuota bandwidth. Dan yang terpenting adalah UKM dapat langsung menikmati free membership www.smartbisnis.co.id, free membership www.jarvis-store.com serta diskon 25% abonemen bagi yang melakukan upgrade serta free membership untuk user seller www.blanja.com.

Secara konsep, Awaluddin juga menjelaskan bahwa langkah peluncuran MangoSTAR adalah bagian dari strategi 3C. Yaitu, Connectivity guna memenuhi ketersediaan akses internet kepada UKM, Content yang mana UKM dapat langsung memanfaatkan berbagai konten di www.smartbisnis.co.id, dan Commerce di mana UKM dapat langsung memasarkan produknya melalui www.blanja.com .

Hingga akhir tahun, Telkom menargetkan mampu melayani 5000 pelanggan. Dalam tempo 2 minggu sebelum peluncuran, Telkom mulai menerima banyak permintaan dari berbaga lokasi, seperti Jambi, Mentawai, dan Kalimantan.

“Kondisi geografi Indonesia menjadikan Telkom harus menguasai semua teknologi untuk akses telekomunikasi. Hadirnya Layanan MangoSTAR bagi UKM ini diharapkan akan mendukung pencapaian 3 Juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016 sekaligus wujud Bakti Telkom untuk negeri,” pungkas Awaluddin.

(AR)