Telkom Kantongi Laba Bersih Rp 4,59 Triliun di Kuartal Pertama Ini

Telkom
Ilustrasi Gedung Telkom |

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sekitar Rp 4,59 triliun di kuartal pertama 2016. Jumlah ini meningkat 20,2% dari periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp 3,81 triliun.

Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga mengatakan, pertumbuhan tersebut ditopang oleh meningkatnya pendapatan sebesar Rp 27,54 triliun atau tumbuh 16,6% dari keuntungan tahun lalu di periode yang sama sebesar Rp 23,61 triliun. EBITDA juga mengalami pertumbuhan 18,8% menjadi Rp 14,66 triliun per Maret 2016, dibanding periode yang sama di 2015 sebesar Rp 12,36 triliun.

“Pada kuartal pertama 2016 ini kinerja perusahaan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dengan indikator pertumbuhan double digit pada pendapatan, EBITDA dan laba bersih perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Alex, di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Hal yang tak diduga Alex, untuk pertama kalinya segmen Data, Internet & IT Service menjadi kontributor dominan terhadap pendapatan konsolidasi, yakni sebesar 37,4% atau Rp 10,3 triliun. Pencapaian ini, lanjutnya, lebih tinggi 45,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan yang cukup tinggi pada segmen Data, Internet & IT Service ini sejalan dengan tumbuh pesatnya pelanggan layanan broadband, baik fixed broadband maupun mobile broadband Telkomsel Flash," terangnya.

Tercatat, Pelanggan Telkomsel Flash meningkat 42,2% menjadi 43,84 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan mobile broadband Telkomsel ini tidak terlepas dari perluasan layanan 3G/4G. Layanan 4G LTE Telkomsel saat ini telah hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia.

Sementara itu, jumlah pelanggan fixed broadband pada kuartal pertama di 2016 ini tumbuh sebesar 20,7% menjadi 4,2 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan fixed broadband yang begitu pesat dipicu oleh gencarnya promosi serta perluasan layanan Triple Play IndiHome.

"Kontribusi yang tinggi dari segmen Data, Internet & IT Service merupakan hasil dari investasi pembangunan infrastruktur broadband yang merupakan wujud komitmen Telkom untuk menjadi pemain terkemuka dalam bisnis digital," tandasnya.

Untuk itu, Telkom kembali meneruskan fokus tiga program utamanya, yaitu Telkomsel sebagai “Leading Mobile Digital Business”, Indonesia Digital Network dengan “Drive Digital Home & Experience” serta ekspansi internasional menuju “Smart International Business Growth.

(AR)