Sambut Nataru, AP II Siap Layani Pertumbuhan Jumlah Penumpang yang Diprediksi Sebesar 10,50%

ilustrasi
President Director AP II, Muhammad Awaluddin, membuka posko Nataru di 16 cabang Angkasa Pura II | Dok. Angkasa Pura II

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, memastikan siap melayani penumpang di 16 bandara yang dikelola Perseroan dalam rangka menyambut momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Pelaksanaan layanan angkutan Natal 2018 dan tahun 2019 mulai berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, menuturkan bahwa persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital.

Disamping itu, jumlah penumpang juga diprediksi mengalami pertumbuhan hingga 10,50% atau mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang di tahun lalu.

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kami memprediksi pada tahun ini akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 10,50%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat. Selain itu, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan POLRI untuk mengawal angkutan natal dan tahun baru ini ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital guna memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik  kepada penumpang,” jelas Awaluddin, dalam keterangannya yang dilansir laman Perseroan, Jumat (21/12/2018).

Sementara itu bila dibandingkan tahun lalu, diperkirakan pada tahun ini pertumbuhan pergerakan pesawat mencapai 7,5% dengan total pergerakan diseluruh bandara yang dikelola AP II mencapai 45.600 pergerakan dibandingkan 42.400 pergerakan tahun lalu dan akan ada 613 extra flight dalam periode natal tahun baru ini.

Oleh karenanya, dalam rangka mendukung kesuksesan angkutan udara natal dan tahun baru 2019, manajemen AP II memberikan apresiasi kepada pihak airlines dengan menjalankan program cash back 100% tarif pelayanan jasa pendaratan, khusus untuk penambahan penerbangan (extra flight) domestik dengan tipe pesawat narrow body.

“Kami juga memberikan program cash back kepada maskapai yang akan membantu kelancaran momen natal dan tahun baru 2019. Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan optimal baik kepada penumpang, juga kepada pelanggan kami para maskapai dan ini berlaku diseluruh bandara yang kami kelola,” tutup Awaluddin.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya, AP II menghimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.(DD)