Pasca Gempa, Telkom Beri Fasilitas Akses Wifi Gratis di 157 Lokasi

ilustrasi
Warga Palu mengakses free wifi serta layanan telepon gratis yang disediakan oleh Telkom Indonesia di area kantor STO Telkom Palu 2 | Dok. Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom, menyediakan akses wifi gratis di 157 lokasi yang tersebar di Sulawesi Tengah. Langkah ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi warga yang terkena dampak bencana gempa di Sulawesi Tengah.

Lokasi tersebut antara lain di Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli dengan SSID TelkomPeduli. Selain itu, Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, juga menyerahkan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah untuk membantu aparat kepolisian dan relawan melakukan koordinasi pasca bencana. Selain itu, untuk membantu awak media yang bertugas, TelkomGroup menyediakan Media Center di Kantor Telkom Jalan Moh. Hatta, Kota Palu.

Sementara itu, Direktur Network and IT Solution (NITS) Telkom, Zulhelfi Abidin, mengatakan bahwa Perseroan menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini.

“Khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri, relawan maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan, sehingga kami terus berupata untuk secepatnya memulihkan jaringan telekomunikasi,” ujar Zulhelfi, dalam keterangannya yang dilansir laman Perseroan, Jumat (5/10/2018).

TelkomGroup juga menyiapkan fasilitas telepon gratis di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu.

Untuk layanan seluler bagi warga Sulawesi Tengah, TelkomGroup melalui PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Direktur Nerwork Telkomsel, Bob Apriawan, menjelaskan bahwa TelkomGroup terus mengupayakan percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, khususnya untuk layanan seluler Telkomsel.

“Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70%. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” jelas Bob.

Selain mengupayakan pemulihan jaringan secara maksimal, TelkomGroup bersama 7 (tujuh) BUMN lainnya, juga fokus terhadap upaya pemberian dan penyaluran bantuan untuk korban bencana melalui program BUMN Tanggap Bencana Gempa Sulawesi Tengah.

Bantuan awal yang telah tiba di Palu antara lain 2 ton beras, 21 unit tenda, 100 dus mie instan, susu dan popok bayi, serta obat-obatan. Selanjutnya, bantuan akan disalurkan ke sejumlah titik lokasi warga terdampak.

Bantuan dari BUMN masih akan terus bertambah seiring dengan membaiknya infrastruktur jalan dan akses pengiriman bantuan ke lokasi bencana. Saat ini TelkomGroup terus berkordinasi dengan BUMN lainnya, BNPB dan Pemerintah Sulawesi Tengah untuk mendata bantuan akan disalurkan.

“Bantuan oleh BUMN ini merupakan bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat Palu dan sekitarnya yang terkena dampak bencana gempa, serta sebagai wujud sinergi BUMN Hadir untuk Negeri,” jelas Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga.(DD)