PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menargetkan kredit baru baik dalam bentuk kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi maupun non-subsidi sebesar Rp5 triliun dari acara Indonesia Property Expo (IPEX) ke-18 yang dihelat pada 22-30 September 2018 di JCC, Jakarta. Dari Rp5 triliun tersebut, sebanyak Rp4,5 triliun disiapkan untuk mendukung KPR Non Subsidi dan Rp500 miliar untuk KPR Subsidi.
Untuk mengejar target tersebut, BTN menawarkan bunga promo 6,25% fixed untuk 1 (satu) tahun. Selain itu Perseroan juga menawarkan KPR Zero untuk memudahkan masyarakat Indonesia memiliki rumah.
Melalui produk yang merupakan rebranding dari KPR Easy Payment tersebut, debitur hanya membayar cicilan bunga KPR dengan grace period pokok selama 2 tahun. KPR Zero juga menawarkan pembebasan pembayaran beban pokok.
“Bunga promo tersebut lebih rendah dibandingkan suku bunga KPR perbankan secara umum yang tahun ini di kisaran 9% per tahun, selain itu uang muka juga rendah, sejumlah mitra pengembang yang bekerjasama dengan BTN menawarkan uang muka hanya 1%,” kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, dalam keterangannya yang dilansir Wartaekonomi.co.id, Sabtu (22/9/2018).
IPEX tahun ini diselenggarakan sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang dirayakan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
“Sebagai salah satu bank pelaksana untuk program subsidi pembiayaan perumahan dari pemerintah, baik subsidi bunga maupun fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, Bank BTN senantiasa memberikan kemudahan akses kepada masyarakat terutama kaum millennial untuk memiliki rumah baru,” ujar Maryono.
Selain, suku bunga kredit yang terjangkau, dan uang muka yang murah, Bank BTN juga menawarkan pembebasan biaya provisi, administrasi, bebas appraisal, diskon asuransi jiwa kredit 20%, simplifikasi dokumen, dan jangka waktu KPR hingga 30 tahun. Sejumlah pengembang yang ikut dalam pameran tersebut bahkan menawarkan bebas angsuran pokok selama 2 tahun.
“Selain dengan promosi dan kemudahan akses KPR lewat laman digital, pendekatan Bank BTN untuk kaum milenial juga dilakukan dengan memberikan opsi property yang menjadi favorit milenial,” tandas Maryono, seperti dikutip Merdeka.com, Sabtu (22/9/2018).(DD)