PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom, bersama Kementerian BUMN menggelar event Spirit of Millennials Games Day 2018 di Jakarta, Kamis (13/12/2018) kemarin. Festival ini merupakan bagian dari program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda yang akan dibentuk di masing-masing BUMN guna mendorong semangat transformasi BUMN dalam menghadapi era perubahan.
Spirit of Millennials Games Day 2018 merupakan festival permainan digital yang terdiri dari beberapa kegiatan di antaranya Turnamen PUBG Millennial BUMN, Turnamen Millennial Pro Mobile bagi komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition yang mengikutsertakan jajaran direksi BUMN untuk bertanding dengan pemain profesional, dan Turnamen Millennial Pro yang diikuti oleh 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang merupakan pemain profesional. Dari 16 finalis ini telah tersaring dari 3.000 peserta yang 75% di antaranya merupakan pelanggan IndiHome.
Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengapresiasi peran aktif Telkom dalam menggali potensi generasi muda, khususnya karyawan milenial BUMN. Menurutnya, melalui program Spirit of Millennials, kementerian BUMN berusaha memaksimalkan potensi karyawan milenial setiap BUMN agar bisa menjadi aktor utama perubahan positif baik bagi perusahaan maupun bagi Indonesia.
“Lewat program Spirit of Millennials, Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Telkom menuangkan semangat milenial tersebut dalam sebuah permainan digital yang sedang populer. Apa yang dilakukan Telkom cukup menarik, sebab permainan mencerminkan kecerdasan, kreativitas dan sportivitas para milenial BUMN,” kata Menteri Rini.
Sementara itu, Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, mengatakan bahwa Spirit of Millennial Games Day 2018 ini ditujukan dalam rangka mengembangkan inovasi games digital, yang diharapkan dapat mendorong perkembangan industri games di Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
“Para milenial diharapkan dapat menciptakan value-added dalam setiap permainan, sehingga yang ditawarkan tidak hanya sekadar permainan yang menyenangkan, tetapi permainan yang mampu mempertajam cara berpikir, menggali kreativitas dan sportivitas, serta edukatif, sehingga games dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan memperkenalkan berbagai kebudayaan lokal atau internasional. Dengan begitu, ekosistem industri games nasional akan semakin berkembang pesat dan daya saing developer games Indonesia pun akan meningkat,” jelas Alex, dalam keterangannya yang dilansir laman Perseroan, Jumat (14/12/2018).
Lewat program Spirit of Millennials, Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat.(DD)