PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai maskapai nasional dengan segudang prestasi kembali meraih satu penghargaan bertaraf internasional, yakni sebagai salah satu dari "Top 5 Most Powerful Brand in Asia" dalam ajang "Nikkei Brand Awards 2016" yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc. bekerja sama dengan Nikkei BP Consulting Japan.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Founder MarkPlus Inc. Hermawan Kartajaya dan Akira Sugawara dari Nikkei BP Consulting Japan kepada Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo pada kesempatan penutupan Jakarta Marketing Week 2016 di Kota Kasablanka, Jakarta.
Dalam sambutannya, Arif mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi Garuda yang tak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh semua pelanggan setia dan stakeholder. "Penghargaan ini menjadi kebanggaan, dan juga tantangan bagi kami untuk terus bekerja keras mempertahankan reputasi positif yang diraih," kata Arif, di Jakarta, Selasa (17/5/2016).
Selain Garuda Indonesia, penghargaan “Most Powerful Brand in Asia” ini juga diberikan kepada Pertamina, Telkom Indonesia, Aqua dan Alfamart.
Menurut Arif, dengan diterimanya penghargaan ini, maka Total penghargaan yang diterima Garuda Indonesia sepanjang tahun 2016 tercatat sejumlah 8 penghargaan domestik maupun internasional. Penghargaan internasional antara lain predikat sebagai Maskapai Bintang-5 untuk yang kedua kalinya, First Runner Up dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Award for Innovation in Enterprises, dan “Outstanding Food Service” dari Pax International Magazine.
Sementara beberapa penghargaan dalam Negeri yang diterima Garuda antara lain Indonesia Green Company Awards dari SWA, Penghargaan Kecelakaan Nihil dari Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Banten Indonesia, dan Human Capital Award dari Economic Review.
Penghargaan "Asia’s Most Powerful Brand Award" diberikan kepada perusahaan-perusahaan berdasarkan image equity, dengan tolak ukur berdasarkan likeability, friendliness, usefulness, dan perceived quality. Penilaian “Asia’s Most Powerful Brand Award” dilaksanakan pada 12 negara di Asia, melibatkan 120 brand global dan nasional, dan 10,000 responden.
(AR)