PT Asuransi BRI Life meluncurkan produk Asuransi Lentera untuk generasi milenial, guna menjawab kebutuhan dan peluang yang ada saat ini. Produk ini sendiri, akan dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance induk usaha, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).
Direktur Utama BRI Life, Gatot Mardiwasisto Trisnadi, mengungkapkan bahwa produk ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan nasabah tehadap proteksi asuransi yang menguntungkan nasabah, terutama kaum milenial.
Produk ini, lanjut Gatot, adalah perlindungan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan perlindungan penyakit kritis (critical illness) serta terdapat pengembalian premi sebesar 110 persen dari seluruh premi yang dibayarkan nasabah di akhir masa asuransi.
Gatot menjelaskan, dengan pembayaran premi yang ringan, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp450.000 per bulan selama 5 tahun, nasabah akan mendapatkan proteksi asuransi jiwa hingga tahun ke-8 dengan dana proteksi asuransi sebesar 100 persen dari uang pertanggungan.
Produk ini dikhususkan bagi usia milenial atau usia muda, di mana saat ini jumlah penduduk usia produktif (17-50 tahun) di Indonesia berjumlah sekitar 80 juta jiwa. BRI Life melihat kondisi tersebut sebagai pangsa pasar potensial.
Menurut Gatot, pengenalan dan penetrasi produk tersebut kepada generasi milenial tentunya harus diimbangi melalui inklusi serta edukasi keuangan akan pentingnya berasuransi sebagai investasi jangka panjang.
“Produk asuransi Lentera dengan target usia milenial, merupakan sinergi antara BRI Life dan Bank BRI sebagai induk,” kata Gatot, dalam keterangannya yang dilansir Kompas.com, Senin (1/10/2018).
Pada tahap awal produk ini akan dipasarkan melalui lebih dari 300 frontliner BRI di seluruh Indonesia. Tahap berikutnya, Asuransi Lentera akan dipasarkan melalui seluruh frontliner BRI di Unit Kerja Bank BRI yang tersebar di seluruh
Gatot menambahkan, sinergi dengan Bank BRI diharapkan bisa mengoptimalkan penetrasi. “Dengan begitu akan terbangun value bersama guna memberikan kontribusi bagi perseroan,” ujar Gatot, seperti dikutip Republika.co.id, Senin (1/10/2018).
Asuransi Lentera ini, kata Gatot, tidak dikhususkan bagi karyawan Bank BRI dan anak perusahaannya saja. Secara bertahap, Bank BRI dan BRI Life juga akan menjual produk ini sebanyak mungkin ke masyarakat umum sesuai target usia 17 sampai dengan 50 tahun.
“Kami akan lihat perkembangan produk ini dalam kurun tiga bulan ke depan, jika apresiasi nasabah positif, strategi distribusinya di tahun depan akan lebih dioptimalkan,” tandas Gatot.(DD)