PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sepakat untuk memberikan layanan pengelolaan kas atau cash management guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan bandara yang berada dalam kelolaan Angkasa Pura (AP) II.
Kesepakatan ini pun diwujudkan dengan penandatangan kerjasama antara Direktur Digital Banking dan Technology Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans dan Direktur Keuangan Angkasa Pura II, Andra Y Agussalam.
Dalam sambutannya, Rico mengatakan, melalui layanan ini AP II dapat memanfaatkan layanan Mandiri Cash Management untuk mendapatkan solusi transaksi perbankan yang terintegrasi mulai dari solusi penerimaan, likuiditas, dan pembayaran. Selain itu, AP II pun dapat menggunakan layanan autodebit dalam pengelolaan penerimaan perusahan.
"Kami terus mengembangkan berbagai inovasi fitur layanan yang bisa ditawarkan Mandiri Cash Management agar dapat memberikan solusi terbaik kepada masyarakat dan memperkuat dukungan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia," jelasnya.
Sementara itu, Direktur Keuangan AP II, Andra Y Agussalam mengatakan, penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan peningkatan dari kerjasama yang sudah terjalin sebelummya dengan Bank Mandiri. Kini, giliran kerjasama untuk pengelolaan keuangan dalam upaya meningkatkan pelayanan di 13 bandar udara yang dikelola AP II.
“Melalui penandatanganan perjanjian kerjasama ini diharapkan menjadi solusi bisnis dalam pengelolaan keuangan AP II secara terpadu, efektif, dan efisien,” kata Andra.
Adapun layanan Mandiri Cash Management yang disepakati dalam kolaborasi ini meliputi pemanfaatan internet banking corporate yang dilengkapi dengan fitur manajemen informasi untuk pengecekan saldo AP II dan rekening tenant yang dikuasakan kepada AP II. Fitur lainnya, yaitu manajemen pembayaran untuk pembayaran gaji karyawan (payroll), pembayaran pihak ketiga, dan pembayaran Modul Penerimaan Negara Generasi II (MPN G2).
Khusus untuk pembayaran MPN G2, Bank Mandiri telah memiliki fitur pembayaran khusus yang dapat digunakan AP II agar proses pembuatan billing dan pembayaran pajak dapat dilakukan dalam satu platform.
Selain layanan Mandiri Cash Management, Bank Mandiri telah mengimplementasikan layanan Mandiri Virtual Account untuk membantu identifikasi nama perusahaan dan jenis pembayaran seperti listrik prabayar dan air prabayar di kawasan Bandara udara oleh para tenant di bandara.
(AR)