AP I Sabet Lima Penghargaan Prestisius Tingkat Dunia

ilustrasi
Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi (tiga dari kiri), saat menerima penganugerahan penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 | Dok. Angkasa Pura I

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I, berhasil meraih lima penghargaan prestisius tingkat dunia “Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017” untuk tiga bandara yang dikelolanya. Penghargaan tersebut diberikan oleh Airports Council International (ACI) di Halifax, Nova Scotia, Kanada, pada Rabu, 12 September 2018.

Seremonial penganugerahan penghargaan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal ACI World, Angela Gittens kepada Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, dalam rangkaian kegiatan “ASQ Customer Excellence Global Summit” yang diikuti oleh 127 otoritas dan pengelola bandara dari seluruh dunia.

Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017 adalah, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus, yakni “The 1st World Best Airport by Size 15-25 million” (Peringkat pertama bandara terbaik di dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun), “The 2nd Asia - Pacific Best Airport over 2 million passengers per year” (Peringkat kedua bandara terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun) dan “Best Airport by Size and Region in Asia-Pacific 15-25 million passengers per year” (Bandara terbaik di Asia-Pasifik kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun)

Sementara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, berhasil meraih penghargaan “The 2nd World Best Airport by Size 5-15 million” (Peringkat kedua bandara terbaik di dunia kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun). Sedangkan Bandara Juanda Surabaya, berhasil meraih “The 3rd World Best Airport by Size 15-25 million” (Peringkat ketiga bandara terbaik di dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun).

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen perbaikan terus menerus terhadap bandara-bandara PT Angkasa Pura I (Persero) dalam meningkatkan level of service dan menciptakan customer experience bagi para pengguna jasa bandara. Seiring dengan tekadnya untuk menjadi perusahaan pengelola bandara kelas dunia dengan standar keselamatan dan keamanan tertinggi dengan mengedepankan pelayanan dan pengalaman yang unik khas Indonesia kepada pengguna jasa bandara,” ujar Sirektur Utama AP I, Faik Fahmi, dalam keterangannya yang dilansir laman Perseroan, Kamis (13/9/2018).

ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada. Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya.

Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara, dengan lebih dari 340 bandara yang berpartisipasi di 85 negara. Metodologi ilmiahnya, prosedur kontrol kualitas yang ketat, dan komitmen terhadap ketidakberpihakan menjadikan survei ASQ sebagai standar global untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.

Adapun dalam program strategisnya, AP I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya sampai 2 kali lipat dalam 5 tahun ke depan. Di mana secara paralel kualitas layanan menjadi salah satu prioritas yang terus ditingkatkan dengan target menjadi salah satu yg terbaik di skala global.(DD)