Gemilang Produk Indonesia Dalam Ajang The World Branding Awards

Istana Kensington, London, serta bentuk piala The World Branding Award 2016 yang dilapisi emas 24 karat
Istana Kensington, London, serta bentuk piala The World Branding Award 2016 yang dilapisi emas 24 karat | brandingforum.org

Kabar baik itu datang dari ajang penghargaan bergengsi internasional The World Branding Awards Seri Ke-3, yang berlangsung sangat meriah di Kensington Palace, London, pada 20 September 2016 lalu.

Tercatat 2.800 merek dari 35 negara yang masuk dalam nominasi, dan sebanyak 210 merek dari 30 negara yang meraih penghargaan Brand of The Year. Di antara deretan nama produk populer di dunia, seperti Apple, BMW, the British Council, Cartier, Coca-Cola, Facebook, Google, Lego, L'Oreal, Louis Vuitton, McDonald's, Nescafe, Nike, Oral-B, Pampers, Rolex, Samsung, Starbucks, Schwarzkopf dan VISA, ada pula produk-produk Indonesia yang meraih kegemilangan di acara ini, yakni, Garuda Indonesia, Indomie, Indomilk, Indovision Digital, Pertamina, dan Telkomsel. Keenam produk asal Indonesia tersebut dinobatkan sebagai pemenang nasional dari Indonesia.

Ajang penghargaan The World Branding Awards Seri diselenggarakan oleh World Branding Forum, lembaga nirlaba global yang didedikasikan terhadap peningkatan standar branding untuk memberikan manfaat baik kepada komunitas industri maupun kepada masyarakat. Disebutkan dalam situs resmi brandingforum.org, para pemenang tersebut telah melalui proses penilaian yang unik yang meliputi tiga tahapan. Yaitu, valuasi merek, riset pasar konsumen, dan pemungutan suara online. Tiap merek meraih gelar "Brand of the Year" pada masing-masing kategori. Disebutkan pula bahwa para para pemenang berhak membawa pulang piala berlapis emas 24 karat.

Sementara keenam merek dari Indonesia dinilai memiliki preseden yang cukup baik di mata konsumen pada tingkat lokal. Mereka pun dinilai mampu meningkatkan kinerja perusahaan, dengan meningkatnya jumlah konsumen atau pelanggan mereka melalui kepercayaan konsumen atau masyarakat.

Dengan penghargaan bergengsi tingkat internasional tersebut, menjadi salah satu ajang pembuktian bagi keenam merek asal Indonesia untuk mempertahankan atau lebih meningkatkan kinerja mereka. Dan hal ini juga menjadi sebuah acuan bagi merek-merek lokal lainnya agar bisa masuk nominasi dalam ajang bergengsi dunia tersebut, atau bahkan dapat meraih penghargaan dari ajang bergengsi tersebut.

Di samping itu, ini juga merupakan salah satu bentuk pengakuan dunia terhadap merek-merek Indonesia. Tidak sedikit dari perusahaan Indonesia yang mulai melakukan ekspansi ke luar negeri. Dengan harapan, selain untuk meraih pangsa pasar internasional juga untuk membuktikan keberadaan merek sebuah perusahaan pada kancah internasional. Sehingga merek kita lebih diakui lagi pada market internasional. (DD)