PT VISI MEDIA ASIA, Tbk

PT VISI MEDIA ASIA, Tbk Laporan Tahunan 2015

INNOVATION TO INSPIRE

Di tengah kondisi pertumbuhan perekonomian yang melambat serta menurunnya belanja iklan di Indonesia, PT Visi Media Asia Tbk. (“VIVA”) berhasil mempertahankan kinerja semua saluran media yang dimilikinya, melalui strategi konvergensi, didukung oleh inovasi berkelanjutan pengalaman 360° (360° experience) bagi masyarakat Indonesia yang mencakup keseluruhan saluran FTA, media digital, media sosial, maupun offline.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

VIVA mencatat Pendapatan sebesar Rp 2.108,7 triliun

Di tengah pertumbuhan industri yang lesu dan penyusutan belanja iklan, VIVA mencatat pendapatan sebesar Rp 2.108,7 triliun dan rugi bersih Rp 511,8 triliun. Pencapaian ini lebih rendah dari tahun sebelumnya, ketika FIFA World Cup 2014 BrasilTM maupun pemilihan presiden Indonesia berlangsung. Terlepas dari faktor-faktor ini, Perseroan mencermati bahwa manajemen VIVA masih berhasil menjaga kinerja TVS dan TVR serta minat pemirsa di semua siaran-siarannya. Di samping itu, viva.co.id sebagai portal digital berhasil mencetak pertumbuhan yang cepat. VIVA mampu meningkatkan minat dan keterlibatan pemirsa dengan secara konsisten menyuguhkan konten yang tepat bagi pemirsa sasarannya secara inovatif. Hasilnya, ANTV berhasil bertahan sebagai stasiun Tier 1, tvOne berhasil mempertahankan predikatnya sebagai stasiun TV berita nomor satu, sementara jumlah unique visitor viva.co.id terus bertumbuh. Di samping itu, ANTV dan tvOne kembali meraih beberapa penghargaan sepanjang tahun, sebagai bukti strategi programming yang baik dengan konten yang unik.

VIVA Berhasil menjaga Tingkat Marjin EBITDA

Di sisi lain, VIVA mendapat manfaat dari peningkatan nilai sahamnya dalam PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA), perusahaan induk ANTV. Pada akhir tahun, harga saham MDIA telah meningkat pesat dari harga perdana Rp 1.380 menjadi Rp 3.325 per saham, yang mendongkrak nilai VIVA. Dari ketiga unit bisnis utama, entitas anak ANTV menyumbangkan pendapatan terbesar, sedangkan saluran berita tvOne memberikan kontribusi yang stabil serta berhasil menjaga tingkat marjin EBITDA, suatu pencapaian yang cukup mengesankan mengingat semua channel berita di Indonesia terkena dampak kurangnya berita.

Portal berita, viva.co.id terus berkembang pesat. ANTV memberi kontribusi Rp 1.385,9 miliar, meningkat 1,5% dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan tvOne memberi kontribusi sebesar Rp 708,1 miliar, turun 22,9% dibandingkan tahun sebelumnya, dan viva.co.id memberikan kontribusi Rp 35,1 miliar, turun sebesar 49,5% dari tahun sebelumnya.

FINANCIAL HIGHLIGHT

#Catatan Redaksi : Data Keuangan Pokok, serta Pembahasan dan Analisis Manajemen atas Kondisi Keuangan dan Kinerja Operasional PT Visi Media Asia Tbk tahun buku 2015 tidak menampilkan Grafik#

Pendapatan
Pendapatan VIVA untuk tahun 2015 menurun sebesar 7,2% menjadi Rp 2.108,7 miliar dari Rp 2.272,7 miliar pada tahun 2014.

Laba Usaha
Perseroan membukukan Laba Usaha untuk tahun 2015 sebesar Rp 522,6 billion, turun sebesar 32,3% dari Rp 771,9 miliar pada tahun sebelumnya. Faktor utama dari penurunan tersebut adalah berkurangnya pendapatan sebesar 7,2%.

Jumlah Aset
Pada tanggal 31 Desember 2015, jumlah aset VIVA meningkat sedikit sebesar 0,7% dibandingkan menjadi Rp 6.206,1 miliar dibandingkan jumlah aset per 31 Desember 2014 sebesar Rp 6.161,6 miliar.

Liabilitas
Liabilitas VIVA pada tanggal 31 Desember 2015 tercatat sebesar Rp 4.049,0 miliar atau meningkat sebesar 15,1% apabila dibandingkan dengan Liabilitas pada 31 Desember 2014 sebesar Rp 3.518,6 miliar.

Ekuitas
Ekuitas Perseroan pada tanggal 31 Desember 2015 tercatat sebesar Rp 2.157,1 miliar. Ini merupakan penuruan sebesar 18,4% jika dibandingkan dengan Ekuitas tahun buku 2014 sebesar Rp 2.642,9 miliar. Penurunan jumlah Ekuitas ini terutama disebabkan oleh penurunan laba bersih pada tahun 2015.

RENCANA STRATEGIS

Mempertimbangkan kondisi dan prospek usaha industri media Indonesia, dimana Media Partners Asia (MPA) memproyeksikan pertumbuhan belanja iklan FTA akan pulih menjadi paling sedikit 4,7% antara tahun 2015-2020, VIVA dan Entitas Anak akan terus meningkatkan pangsa pemirsanya melalui pengembangan program-program news dan sport di tvOne, serta program hiburan dan seputar gaya hidup di ANTV dan konten media online di viva.co.id. Beberapa target yang akan dikembangkan oleh VIVA dan Entitas Anak dimasa yang akan datang.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
268
Kantor Akuntan Publik
Handoko Tomo Samuel Gunawan & Rekan (Moores Rowland)
Biro Administrasi Efek
PT Ficomindo Buana Registrar
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
visi media asia,laporan tahunan,2015,viva,media

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF