BERSAMA UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH CERAH
Unilever Indonesia berupaya menciptakan masa depan yang lebih cerah. Didasari oleh nilai-nilai yang Unilever Indonesia junjung dalam bisnis, Perseroan membantu mengatasi beberapa tantangan paling mendesak yang dihadapi Indonesia - dan dunia – saat ini, antara lain kemiskinan, kesehatan, gizi, kelestarian sumber daya, pengelolaan limbah dan perubahan iklim.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perseroan Membukukan Pertumbuhan Laba sebesar 2%
Dengan fokus Perseroan yang teguh terhadap inovasi dan nilai, Unilever Indonesia terus mencetak pertumbuhan dan memimpin pangsa pasar di seluruh kategori utama, sekaligus menciptakan kemajuan yang nyata terhadap tujuan keberlanjutan Perseroan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan penghidupan.
Pertumbuhan penjualan Perseroan sebesar 5,7% sangat dipengaruhi oleh pelambatan ekonomi makro. Namun, dengan fokus Perseroan yang kuat pada eksekusi dan efisiensi di semua divisi operasional, Perseroan berhasil meningkatkan marjin kotor sebesar 1.6%* dan membukukan pertumbuhan laba sebesar 2%*. Perseroan juga mencatat bahwa Perseroan terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di sebagian besar kategorinya.
Investasi Strategis
Pada 2015, Perseroan terus mendorong dilaksanakannya program investasi strategis di sepanjang rantai nilai untuk memperkuat daya saing Perseroan. Salah satu yang utama adalah pembukaan pabrik Foods yang baru di Cikarang pada bulan Agustus 2015. Pabrik dengan teknologi canggih ini bukan saja tonggak penting dalam rencana ekspansi bisnis Foods Unilever Indonesia dalam jangka panjang, namun juga akan memberikan kontribusi pada pencapaian sustainability goals Perseroan dengan desain ramah lingkungan yang telah memenangkan penghargaan.
Meskipun 2015 adalah tahun yang sangat sulit, Unilever berhasil mempertahankan kinerja positif berkat upaya Manajemen yang terus-menerus untuk secara konsisten menghasilkan nilai dan pertumbuhan yang berkelanjutan, yang mendukung visi jangka panjang kami. Kami percaya bahwa Manajemen sangat responsif terhadap situasi dan dapat melihat setiap kesempatan di tengah berbagai tantangan.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Penjualan Bersih
Selama tahun 2015, Unilever Indonesia berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp36,5 triliun, meningkat 5,7% dari tahun 2014. Penjualan ini berasal dari dua segmen usaha, yaitu Home and Personal Care dan Foods and Refreshment.
Laba Usaha
Meskipun terjadi peningkatan beban usaha, Unilever Indonesia berhasil mencapai peningkatan laba usaha sebesar 2,3%, dari Rp7,8 trilliun (sebelum penyajian kembali) menjadi Rp7,9 trilliun. Namun, karena adanya dampak dari penyajian kembali akibat perubahan kebijakan akuntansi imbalan kerja, laba usaha Unilever Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,9% atau Rp73,9 miliar dari Rp8 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp7,9 triliun pada tahun 2015.
Ekuitas
Ekuitas naik sebesar 1,7% atau Rp80,8 miliar dari Rp4,7 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp4,8 triliun pada tahun 2015. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh laba tahun berjalan dipotong dengan pembayaran dividen pada tahun berjalan.
RENCANA STRATEGIS
Target Pasar Kelas Menengah Usia Muda
Perseroan akan secara aktif mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah preventif untuk menghadapi tantangan dan ketidakpastian di masa depan. Inflasi diperkirakan menurun, yang akan mendorong belanja konsumen. Selain itu, Pemerintah telah mengisyaratkan peningkatan belanja infrastruktur di 2016, yang akan menguntungkan bagi kegiatan distribusi dan pengembangan pasar Perseroan.
Hal ini diharapkan memiliki efek berganda dalam bentuk peningkatan peluang kerja, kesejahteraan dan daya beli konsumen, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan konsumsi. Demografi Indonesia menunjukkan tren yang lebih positif lagi, yakni bertumbuhnya kelas menengah usia muda yang merupakan target pasar bagi sebagian besar produk Perseroan. Selain itu, keteguhan Pemerintah untuk mengupayakan upah minimum yang setara dengan pertumbuhan PDB dan inflasi, akan mendukung tetap meningkatnya daya beli konsumen. Penting bagi Perseroan untuk dapat menangkap peluang yang muncul dari tren-tren yang ada.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id