CAPITALIZING ON STRENGTHS
DELIVERING EXCELLENCE
Di tengah tantangan sepanjang 2016, PT Plaza Indonesia Realty Tbk tetap menunjukkan kinerja yang stabil dan berhasil menjalankan berbagai inisiatif dan strategi untuk meraih pencapaian yang gemilang. Keberhasilan tersebut diterjemahkan melalui beragam inovasi yang senantiasa diorientasikan pada kepuasan pelanggan, dan perolehan sejumlah penghargaan serta sertifikasi atas kinerja Perseroan.
Dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan serta menyasar segmen konsumer yang lebih luas, Perseroan tetap mengedepankan nilai-nilai unggulan dari layanan yang diberikan. Perseroan berhasil menjaga keseimbangan kinerja masing-masing lini bisnis utamanya melalui implementasi strategi yang tepat sehingga mampu memberikan harapan atas pencapaian yang berkelanjutan di masa depan.
Pencapaian Perseroan tersebut tercermin dalam tema Laporan Tahunan ini: “Capitalizing on Strengths. Delivering Excellence” yang terinspirasi dari motif batik kawung yang melambangkan pribadi seorang pemimpin yang berjiwa besar, bekerja keras, serta senantiasa memiliki harapan dan keseimbangan dalam hidup. Nilai-nilai inilah yang senantiasa dijunjung tinggi oleh Perseroan dalam sejarah perjalanannya yang panjang sebagai pelopor dan inovator di bidangnya.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perseroan berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp 1.659,20 miliar
Komitmen Perseroan dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan ditunjukkan dengan dipertahankannya perolehan sertifikasi ISO 9001:2015 di bidang Sistem Manajemen Mutu yang mencakup Property Management: Engineering, Retail Fit Out dan Building Improvement, Retail and Office Tower Operations, Safety and Security of Plaza Indonesia Shopping Center and The Plaza Office Tower.
Di sepanjang tahun 2016, Perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1.659,20 miliar, meningkat dari Rp 1.644,55 miliar pada tahun 2015. Sementara itu, EBITDA tercatat sebesar Rp 808,82 miliar, meningkat dari Rp 761,53 miliar yang tercatat pada tahun 2015. Sedangkan laba tahun berjalan yang berhasil diperoleh mencapai Rp 725,62 miliar, naik dari perolehan pada tahun 2015 yang sebesar Rp 279,69 miliar.
Di tahun 2016, Plaza Indonesia Shopping Center berhasil mendatangkan 35 tenant baru diantaranya Alexander McQueen, Chopard, Berluti, Moschino, Oysho, Massimo Dutti, Sebastian Sposa, Diesel, AMKC Atelier, Seven Friday, Seribu Rasa, Eight Treasures, Lou Lou & Ping, Vilebrequin, dan sebagainya. Kehadiran tenant-tenant baru tersebut menjadikan Plaza Indonesia sebagai pusat perbelanjaan pilihan utama bagi para pelanggan.
Dari segi finansial, Plaza Indonesia Shopping Center tetap menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan Perseroan. Pada 2016, pendapatan yang dikontribusikan mencapai Rp 702,15 miliar, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu Rp 694,32 miliar dan mewakili 42,32% dari seluruh pendapatan. Pada tahun 2016, Grand Hyatt Jakarta berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 469,95 miliar. Meskipun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 506,22 miliar, kinerja Grand Hyatt Jakarta tetap solid mengingat kondisi ekonomi yang terjadi saat ini.
Keraton Luxury Collection Hotel membukukan pendapatan sebesar Rp 101,57 miliar di tahun 2016, menurun dibandingkan tahun 2015 sebesar Rp 126,72 miliar. Pada tahun 2016, The Plaza Office Tower berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 229,35 miliar, naik 10,17% dari pendapatan di tahun 2015 sebesar Rp 208,17 miliar. fX Sudirman membukukan peningkatan pendapatan sebesar 12% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi Rp 122,13 miliar pada tahun 2016. Atas pencapaian ini, kami optimis bahwa Fx Sudirman mampu memberikan kinerja yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Laba Bersih
Grup membukukan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 725,62 miliar pada tahun 2016, dibandingkan tahun 2015 yang tercatat sebesar Rp 279,69 miliar. Kenaikan laba bersih tersebut utamanya disebabkan oleh penurunan kerugian bersih selisih kurs sebesar Rp 108,37 miliar selama tahun 2016 dan kenaikan manfaat pajak tangguhan sebesar Rp Rp 363,20 miliar yang utamanya dikontribusi dari manfaat pajak tangguhan terkait revaluasi fiskal terhadap aset tetap Perseroan.
Total Aset
Jumlah aset Grup pada akhir tahun 2016 tercatat sebesar Rp 4.586,57 miliar, mengalami penurunan sebesar Rp 84,52 miliar atau 1,81% dari jumlah aset pada akhir 2015 yang sebesar Rp 4.671,09 miliar.
Jumlah Liabilitas
Jumlah liabilitas Grup pada akhir tahun 2016 tercatat sebesar Rp 2.301,33 miliar, meningkat sebesar Rp 36,81 miliar atau 1,63% dari jumlah liabilitas di akhir tahun 2015 yang sebesar Rp 2.264,52 miliar.
RENCANA STRATEGIS
Dalam hal aksesibilitas, Perseroan menyakini perbaikan serta pengembangan infrastruktur yang menjadi agenda utama pemerintah saat ini, akan membawa dampak positif bagi Perseroan, mengingat lokasi seluruh lini bisnis utama yang sudah berjalan akan memiliki akses yang lebih baik melalui pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang merupakan moda transportasi modern yang kehadirannya sangat ditunggu masyarakat Jakarta.
Salah satu tantangan terberat yang kami prediksi di tahun 2017 adalah semakin tingginya tingkat persaingan dan kompleksitas proses bisnis di tengah kemudahan informasi melalui tren dunia korespondensi online yang semakin populer di seluruh lapisan masyarakat. Dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut, Perseroan akan memasuki tahun 2017 dengan optimisme yang tinggi, dan telah mempersiapkan diri dengan menerapkan strategi dan inisiatif yang tepat, melalui pembentukan kelompok-kelompok informal dalam organisasi agar dapat lebih tangkas dalam menangkap setiap ide dan peluang yang muncul dalam upaya mengutamakan kecepatan dan kualitas jasa kepada pelanggan.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id