ENRICHING VALUE PURSUING GROWTH
Tahun 2015 menandai seperempat abad kiprah Perseroan melalui keberadaan Plaza Indonesia Shopping Center, kompleks perbelanjaan prestisius dan premium di jantung kota Jakarta, yang mengedepankan nilai-nilai unggulan sebagai pusat mode dan gaya hidup modern di Indonesia. Tahun 2015 juga menjadi awal pengembangan kompleks terpadu hotel bintang-5, apartemen, pusat perbelanjaan, dan perkantoran di Kawasan Jababeka, sebagai inisiatif strategis Perseroan untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan ke depan.
Dinamika tersebut menginspirasi tema Laporan Tahunan ini: “Enriching Value, Pursuing Growth” bersama visualisasi pola Batik Parang, motif batik tradisional yang mengandung filosofi luhur tentang kesinambungan, kekuasaan, kekuatan, dan semangat tak kunjung padam, mewakili nilainilai yang mewarnai perjalanan Perseroan di sepanjang tahun 2015.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Pendapatan Perseroan mencapai Rp 1.644,55 miliar, Naik 8,07%
Pendapatan Perseroan mencapai Rp 1.644,55 miliar, naik 8,07%, atau Rp 122,86 miliar dari tahun sebelumnya, yaitu Rp 1.521,68 miliar. Pendapatan pusat perbelanjaan mencapai Rp 803,43 miliar, meningkat 10,59% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 726,50 miliar. Pendapatan perkantoran meningkat 12,25% atau Rp 22,71 miliar dari Rp 185,46 miliar di tahun 2014 menjadi Rp 208,17 miliar di tahun 2015.
Meraih Sertifikasi ISO dan OHSAS di Indonesia
Pencapaian Tahun 2015 telah menjadikan Perseroan sebagai operator pusat perbelanjaan pertama yang memiliki sertifikasi ISO dan OHSAS di Indonesia. Perseroan meraih sertifikasi OHSAS 18001:2007 tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, mencakup: Property Management, Engineering, Retail Fit Out & Building Improvement, Retail & Office Tower Operations, Safety and Security Plaza Indonesia Shopping Center and The Plaza Office Tower. Pencapaian ini telah menjadikan Perseroan sebagai operator pusat perbelanjaan pertama yang memiliki sertifikasi ISO dan OHSAS di Indonesia.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Pendapatan
Pada tahun 2015, Grup memperoleh Pendapatan sebesar Rp 1.644,55 miliar, naik 8,07%, atau Rp 122,86 miliar dari tahun sebelumnya, yaitu Rp 1.521,68 miliar. Peningkatan pendapatan terutama berasal dari pendapatan pusat perbelanjaan yang meningkat 10,59% atau Rp 76,93 miliar dari Rp 726,50 miliar di tahun 2014 menjadi Rp 803,43 miliar di tahun 2015.
Laba Usaha setelah Penyusutan dan Amortisasi
Pada tahun 2015, Grup mencatat laba usaha setelah penyusutan dan amortisasi sebesar Rp 549,08 miliar, naik sebesar Rp 45,86 miliar atau 9,11% dibandingkan dengan tahun 2014 yang sebesar Rp 503,22 miliar. Peningkatan tersebut seiring dengan meningkatnya pendapatan sebesar Rp 122,87 miliar atau 8,07%, peningkatan beban pokok sebesar Rp 24,81 miliar dan beban umum dan administrasi sebesar Rp 43,19 miliar serta peningkatan beban depresiasi dan amortisasi sebesar Rp 9,02
miliar akibat penambahan aset tetap dan properti investasi di tahun 2015.
Laba Bersih
Grup membukukan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 279,69 miliar pada tahun 2015, dibandingkan tahun 2014 yang tercatat sebesar Rp 358,99 miliar.
Total Aset
Jumlah Aset Grup pada akhir tahun 2015 tercatat sebesar Rp 4.671,09 miliar, meningkat sebesar Rp 126,16 miliar atau 2,78% dari jumlah aset pada akhir 2014 yang sebesar Rp 4.544,93 miliar.
Jumlah Liabilitas
Jumlah liabilitas Grup pada akhir tahun 2015 tercatat sebesar Rp 2.264,52 miliar, meningkat sebesar Rp 85,92 miliar atau 3,94% dari jumlah liabilitas di akhir tahun 2014 yang sebesar Rp 2.178,60 miliar.
Ekuitas
Jumlah ekuitas yang dibukukan Perseroan pada akhir tahun 2015 adalah sebesar Rp 2.406,57 miliar. Sementara pada akhir tahun sebelumnya adalah Rp 2.366,33 miliar. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar Rp 40,24 miliar, atau 1,70%. Peningkatan ini berasal dari laba komprehensif tahun 2015 sebesar Rp 288,74 miliar dan dikurangi dengan pembagian dividen sebesar Rp 248,50 miliar di tahun 2015.
RENCANA STRATEGIS
Tahun 2016 kembali diprediksi sebagai tahun yang akan dipenuhi dengan tantangan mengingat ketidakpastian yang masih terjadi di lingkup global dan regional. Namun, Perseroan optimis untuk terus bergerak maju dengan strategi yang tepat dan pemahaman yang baik terhadap industri yang digeluti, serta perencanaan yang matang dan terukur. Dengan inisiatif dan strategi yang disusun oleh masing-masing bisnis Perseroan, Perseroan yakin tingkat pelayanan Perseroan akan terus meningkat, sehingga mampu menjadi yang terdepan dan memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi para pemegang saham.
Salah satu strategi Perseroan adalah dengan memperluas ekspansi bisnis Perseroan melalui pengembangan kawasan komersial Jababeka. Pada 13 Juni 2015, PT Plaza Indonesia Jababeka, perusahaan patungan dari PT Plaza Indonesia Realty Tbk dan PT Grahabuana Cikarang, telah melaksanakan peletakan batu pertama (Groundbreaking) yang menandai dimulainya pembangunan kawasan terpadu MAYFAIR Estate & Parklands. MAYFAIR Estate & Parklands akan dibangun di area komersial Jababeka di atas lahan seluas 12 hektar. Pembangunan ini akan memadukan kawasan industri dengan pemukiman, perkantoran, komersil, pendidikan, dan rekreasi secara integrasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id