PT MNC SKY VISION TBK

PT MNC SKY VISION TBK Laporan Tahunan 2016

THE REAL NUMBER ONE

Tahun 2016 menjadi tahun penuh persaingan bagi TV berlangganan di Tanah Air. PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) sebagai pemimpin dalam dunia TV berlangganan melalui Indovision, Top TV, dan OkeVision selalu setia menjadi pilihan No. 1 untuk keluarga Indonesia. Komitmen Perseroan adalah untuk terus memberikan kualitas hiburan terbaik, saluran terlengkap, dengan tayangan berkualitas dunia yang tidak hanya menghibur tapi juga mendidik, mencerdaskan, dan membangun karakter bangsa.

Sebagai perusahaan media berbasis pelanggan, pertumbuhan dan jumlah pelanggan menjadi fokus penting. MSKY tetap menjaga kesuksesan dengan inovasi yang kuat dan teknologi yang maju. Menggunakan Satelit Indostar-II dan frekuensi S-band, pelanggan dapat menikmati program siaran berkualitas tinggi di manapun di seluruh Indonesia. Jumlah pelanggan yang semakin bertambah setiap harinya menjadi bukti bahwa MSKY tetap dan terus menjadi yang terdepan dan menjadi yang nomor 1.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Total Pendapatan Sebesar Rp3.000.238 Juta

Sampai dengan saat ini, konsumsi media televisi di Indonesia masih yang terbesar. Perseroan melihat bahwa di sini posisi konten atau tayangan tetap menjadi hal yang utama untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan pengguna layanan televisi di Indonesia.

Berikut adalah pencapaian utama tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.

• Total pendapatan sebesar Rp3.000.238 juta, menurun 7% persen dibandingkan Rp3.243.468 juta pada tahun 2015.
• Jumlah pelanggan meningkat sebesar 2,5% dari 2,43 juta pada tahun 2015 menjadi 2,5 juta pada tahun 2016.
• Rugi usaha sebesar Rp85.785 juta, menurun dibandingkan dengan laba usaha Rp69.416 juta pada tahun 2015.
• EBITDA tercatat Rp1.026.103 juta di tahun 2016 dari Rp1.186.258 juta pada tahun 2015.
• Rugi bersih tercatat sebesar Rp197.442 juta, atau mengalami perbaikan sebesar 74% dibandingkan kerugian pada tahun 2015 sebesar Rp758.061 juta.
• Berhasil menekan rata-rata churn rate pelanggan menjadi 0,99% pada tahun 2016 dibandingkan sebelumnya yaitu 1,86% di tahun 2015.
• Rata-rata pendapatan per pelanggan (ARPU) berada pada kisaran Rp92.016, per bulan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan Usaha
Pada tahun 2016, Pendapatan Perseroan menurun 7% menjadi Rp3,00 triliun dari Rp3,24 triliun pada tahun 2015. Sementara jumlah pelannggan Perseroan sendiri meningkat 2,5% menjadi 2,50 juta dari 2,43 juta pelanggan pada tahun 2015, hal ini disebabkan sepanjang 2016, Perseroan berfokus untuk meningkatkan jumlah pelanggan dengan menjaring pelanggan di area yang masih belum tersentuh Pay-TV, menggunakan strategi penjualan paket dengan rata-rata pendapatan per pengguna (Average Revenue Per User/ARPU) rendah, dimana Perseroan mampu menjaga ARPU yang relatif stabil di sekitar Rp92.016.

Rugi Bersih
Sebagaimana rugi sebelum pajak, rugi bersih Perseroan mengalami perbaikan sebesar 74% menjadi sebesar Rp197,44 miliar dari Rp758,06 miliar pada tahun 2015, terutama disebabkan peningkatan jumlah manfaat pajak penghasilan bersih. Dengan jumlah lembar saham beredar pada tahun 2016 dan 2015 masing-masing sebesar 7.770.274.600 dan 7.063.886.000, Perseroan mencatat perbaikan rugi per saham dasar sebesar 75% menjadi Rp26,3 per lembar dari rugi per saham Rp107,3 pada tahun 2015.

RENCANA STRATEGIS

Di tahun 2017, Perseroan akan menambah saluran tayangan berkualitas high definition (HD) menjadi 17 saluran, yaitu beIN Sports 1, beIN Sports 2, Diva, Fox Action Movie, Fox Family Movie, Fox Movie Premium, Fox Sports 1, Fox Sports 2, FOX Channel, HBO Family, HBO, HBO Hits, HBO Signature, MAX,Nat Geo, AXN dan Star World. Selain itu, Perseroan juga memiliki keunggulan atas 36 saluran eksklusif yang hanya tayang di produk Perseroan, di mana 24 saluran merupakan produksi MNC. Saluran tersebut akan mampu menarik perhatian pelanggan baru dan menjadi tayangan favorit pelanggan setia Perseroan.

Pada tahun 2017, Perseroan akan terus berupaya memperkuat produk TV berlangganan dengan tetap fokus pada target pelanggan baru dan memanjakan pelanggan setia melalui customer loyalty program. Keberhasilan Perseroan dalam menjadi TV berlangganan terdepan dan terbesar selama 22 tahun, memotivasi kami untuk terus memperkuat bisnis TV berlangganan dan siap untuk berkompetisi dengan operator TV berlangganan lainnya di Indonesia.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
182
Kantor Akuntan Publik
Satrio Bing Eny & Rekan Deloitte Touche Tohmatsu Limited
Biro Administrasi Efek
PT BSR Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
mncskyvision,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF