TOWARDS A BRIGHTER TOMORROW
Menjelang akhir tahun 2015, Merck menerapkan sebuah perubahan besar, sebagaimana yang direfleksikan pada logo baru perusahaan yang lebih atraktif dan lebih tegas. Logo baru itu merepresentasikan positioning perusahaan di pasar global sebagai salah perusahaan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif setelah selama bertahun-tahun perusahaan membangun reputasi sebagai perusahaan farmasi dan kimia yang berbasis di Jerman. Dalam satu dekade terakhir, perusahaan sangat fokus untuk mengeksplorasi potensi dari segmen usaha healthcare, life sciences dan performance materials, sehingga pada akhirnya perusahaan mampu meningkatkan daya saing perusahaan di industri di seluruh dunia. Kemampuan unik yang perusahaan miliki ini diyakini akan mampu berkontribusi pada penyelesaian isu-isu global terkait kesehatan dan pertumbuhan penduduk, transformasi digital dan kelangkaan sumber daya.
Sementara itu di Indonesia, kami membawa semangat yang terefleksikan dalam global rebranding Merck ini dengan merealisasikan investasi pada pabrik Merck, melakukan perbaikan yang berkelanjutan dalam rangka mewujudkan proses bisnis yang lebih efisien, mencapai zero accident dan meluncurkan berbagai inovasi untuk melengkapi lini produk yang telah ada. Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja segmen biopharma dan consumer health bahkan terus menunjukkan pertumbuhan di atas rata-rata pasar, memposisikan setiap produk sebagai pemimpin di masingmasing pasar.
Dengan semangat baru yang ditumbuhkan melalui global branding dan melihat pencapaian yang signifikan tersebut, perusahaan semakin yakin bahwa perusahaan ini menuju ke arah masa depan yang lebih cerah. Semangat baru ini juga sekaligus menegaskan komitmen kami bahwa kami hadir di sini untuk membangun hubungan jangka panjang dan berkontribusi untuk memajukan kesehatan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Total Pendapatan Menunjukkan Tren yang Meningkat
Dengan fokus pada kualitas, inovasi yang tiada henti untuk menciptakan terobosan mutakhir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, masing-masing produk Merck berhasil mencatatkan kinerja di atas rata-rata industri. Di bidang healthcare, kinerja yang dicapai oleh produk obat resep maupun obat bebas atau over-the-counter (OTC) melanjutkan kesuksesan di tahun sebelumnya.
Penerapan strategi yang tepat di tahun 2015 untuk mendorong permintaan terhadap produk Merck, termasuk dengan meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit melalui jalinan kemitraan pemerintah-swasta (public-private partnership), mempertahankan daya saing produk di pasar, terutama di antara produk obat yang masuk dalam daftar obat BPJS Kesehatan. Bahkan Perseroan mencatat kontribusi dari produk obat yang masuk daftar BPJS Kesehatan terhadap total pendapatan menunjukkan tren yang meningkat, dari sebelumnya 10%-12% di tahun sebelumnya menjadi 30% tahun ini. Produk obat untuk penyakit kanker yaitu Erbitux, masih tercatat sebagai kontributor terbesar. Segmen bisnis biopharma menutup tahun ini dengan pertumbuhan sebesar 14% terhadap pasar yang hanya mampu bertumbuh sebesar 8%-9%.
Perseroan Membukukan Pertumbuhan Pangsa Pasar 6,6% - 57,1%
Selain itu, beberapa produk baru juga diluncurkan untuk memperkaya jajaran produk yang ada, termasuk Neurobion Injection Dual Ampoule yang hadir dengan konsep baru, lalu Sangobion Fit dan Sangobion Vita-Tonic, sehingga semakin memperluas akses pasar bagi produk bebas Merck. Produk unggulan kami yang telah banyak meraih penghargaan, yaitu Neurobion serta Sangobion, menutup tahun ini dengan membukukan pertumbuhan pangsa pasar masing-masing sebesar 6,6% dan 2,2% menjadi 33,1% dan 57,1%, dibandingkan tahun sebelumnya. Selain pencapaian tersebut, Divisi Plant menorehkan prestasi tersendiri melalui keberhasilannya melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas. Tahun ini Perseroan memulai proyek renovasi pabrik yang akan menaikkan kapasitas produksi tablet dan kapsul (produk solid) sebesar 35%.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Aset
Nilai aset Perseroan tahun ini tercatat sebesar Rp642 miliar, atau turun sebesar 10,0% dibandingkan nilai aset tahun sebelumnya sebesar Rp711 miliar.
Liabilitas
Meningkatnya aktivitas usaha Perseroan berdampak pada meningkatnya liabilitas. Pada tahun 2015, nilai liabilitas tercatat sebesar Rp168 miliar dari sebelumnya Rp167 miliar.
Ekuitas
Penurunan nilai saldo laba sebesar 14% mempengaruhi total ekuitas Perseroan tahun ini dari Rp544 miliar di tahun 2014 menjadi Rp474 miliar.
Penjualan
Perseroan membukukan nilai penjualan sebesar Rp983 miliar di tahun 2015 dari Rp1.179 miliar di tahun 2014.
Total Penghasilan Komprehensif
Secara keseluruhan total penghasilan komprehensif tahun ini terealisasi sebesar Rp149 miliar dari sebelumnya Rp180 miliar di tahun 2014, sehingga berdampak pada perolehan laba per saham sebesar Rp2.463.
RENCANA STRATEGIS
Perseroan sangat optimis dengan prospek bisnis Merck di masa depan. Perseroan melihat adanya komitmen dari pemerintah untuk menghadapi tantangan makroekonomi dan kami berharap untuk melihat hasil positif dari pengimplementasian berbagai kebijakan mereka. Meskipun prospek terhadap industri relatif moderat, Perseroan berharap pemerintah akan menegakkan peraturan yang akan memberikan ruang bagi bisnis Perseroan untuk bertumbuh. Dengan kapasitas dan kemampuan Perseroan yang meningkat, Perseroan meyakini bahwa agenda bisnis yang dirancang oleh Merck akan dapat terimplementasi dengan baik. Di samping itu, Perseroan juga berharap pelaksanaan rebranding akan membawa energi baru kepada seluruh lini bisnis yang ada, sehingga akan membimbing Perseroan menuju ke arah yang sesuai ekspektasi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id