PT MEDIA NUSANTARA CITRA, Tbk

PT MEDIA NUSANTARA CITRA, Tbk Laporan Tahunan 2015

FONDASI YANG KUAT UNTUK PERTUMBUHAN

Ukuran dan karakter dari kekuatan perusahaan yang sesungguhnya ditentukan dari bagaimana perusahaan tersebut bertahan dalam kondisi sulit. Pada tahun 2015, PT Media Nusantara Citra Tbk (“MNCN” atau “Perseroan”) memperkuat fondasinya sekaligus menunjukkan ketahanan di tengah perekonomian nasional yang lemah dan pesimisme seputar industri media.

Bisnis inti Perseroan, yang merupakan pengelolaan stasiun TV free-to-air (FTA) antara lain RCTI, MNCTV, GTV dan iNewsTV, berhasil kembali memimpin pasar baik itu dalam pendapatan maupun pangsa pemirsa. Bisnis utama MNCN lainnya juga menunjukkan performa yang baik. MNC Pictures, rumah produksi Perseroan, memproduksi berbagai film blockbuster dan serial drama terpopuler di tahun 2015. Star Media Nusantara, perusahaan manajemen bakat terbesar di Indonesia, berhasil meningkatkan pendapatan dan saat ini memiliki lebih dari 300 bakat media yang beragam.

Masa depan Perseroan semakin bersinar dari sebelumnya. Tahun ini, Perseroan telah menyelesaikan fasilitas produksi TV paling mutakhir yang akan memberikan landasan yang kuat untuk perkembangan di tahun 2016 dan seterusnya. Dengan infrastruktur baru yang terintegrasi, MNC akan meningkatkan sinergi, mencapai efisiensi biaya, membuat program-program berkualitas tinggi, dan akan menghasilkan margin keuntungan yang lebih tinggi. MNC siap untuk mencapai ambisi pertumbuhan jangka panjang dan memberikan nilai maksimal bagi pemegang saham.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perseroan Mempertahankan Posisi Nomor 1 dalam hal Pangsa Pemirsa dan Pendapatan

Perseroan telah berhasil membangun landasan untuk pertumbuhan yang kuat dengan mengembangkan sarana yang terintegrasi paling mutakhir sebagai tolak ukur baru untuk industri pertelevisian di Indonesia.

PT Media Nusantara Citra Tbk (‘MNCN’ atau ‘Perseroan’) berhasil mencapai catatan keuangan yang sangat baik dan mempertahankan posisi nomor 1 dalam hal pangsa pemirsa dan pendapatan. Pustaka konten Perseroan, yang dimanfaatkan untuk menyediakan rangkaian program untuk 22 saluran MNC Channels di televisi berbayar, tumbuh lebih besar dan lebih menguntungkan daripada sebelumnya. Perseroan juga menggunakan berbagai sumber daya untuk membangun landasan untuk pertumbuhan kuat pada tahun 2015 dan tahun-tahun mendatang. Perseroan telah menyelesaikan pembangunan 4 bangunan studio terintegrasi paling mutakhir yang akan menetapkan tolak ukur baru untuk industri pertelevisian Indonesia dan juga telah meluncurkan iNewsTV, jaringan free-to-air nasional baru yang sudah memenangkan perebutan pangsa pemirsa.

Total Pendapatan Bersih MNC pada tahun 2015 sebesar Rp6,44 triliun

Total pendapatan bersih MNC pada tahun 2015 adalah sebesar Rp6,44 triliun. Sebagian besar pendapatan ini adalah pendapatan iklan dari RCTI, MNCTV, GlobalTV, dan iNewsTV, yang berkontribusi sebanyak 90% dari total pendapatan Perseroan. Total pendapatan iklan dari empat stasiun televisi FTA mencapai Rp5,8 triliun. Inti bisnis konten MNC lainnya berkontribusi sebesar 4% dari total pendapatan Perseroan. Total pendapatan yang berasal dari konten adalah sebesar Rp236 miliar. Pada tahun 2015, empat stasiun televisi FTA milik Perseroan terus melayani beragam populasi Indonesia yang terdiri dari berbagai kelompok usia dan tingkatan sosial-ekonomi. Hasil produksi stasiun televisi FTA MNC yang tersegmentasi ini dirancang untuk mendukung pengiklan yang ingin fokus pada target pasar dan konsumen secara spesifik.

Pada tahun 2015, pendapatan usaha MNC sebesar Rp6,44 triliun. Iklan televisi FTA tetap menjadi kontributor terbesar pendapatan usaha di tahun 2015 dengan Rp5,81 triliun, atau sebesar 90% dari total pendapatan usaha. Pendapatan usaha RCTI merupakan kontributor terbesar dengan Rp3,36 triliun dan meningkat 0,3% dari pendapatan tahun 2014 sebesar Rp3,35 triliun.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan Usaha
Pada tahun 2015, pendapatan usaha MNC sebesar Rp6,44 triliun. Iklan televisi FTA tetap menjadi kontributor terbesar pendapatan usaha di tahun 2015 dengan Rp5,81 triliun, atau sebesar 90% dari total pendapatan usaha.

Aset
Total Aset MNC pada tanggal 31 Desember 2015 tercatat sebesar Rp14,47 triliun, meningkat sebesar 6,4% dari Rp13,61 triliun pada tahun 2014.

Laba Bersih
Laba bersih MNC pada tahun 2015 sebesar Rp1,18 triliun, yang merupakan penurunan sebesar 32,7% dari Rp1,76 triliun pada tahun 2014.

RENCANA STRATEGIS

Pada tahun 2016, MNCTV menargetkan pangsa pasar dengan meningkatkan kualitas pemrograman. Saluran MNCTV akan meluncurkan inovasi pemograman baru dalam high-definition (HD) serta menguatkan relasi baiknya dengan pengiklan dan pemangku kepentingan penyiaran.

Perseroan telah menunjukkan kesuksesannya dengan memperkuat portofolio FTA TV, strategi pemrograman yang komprehensif, memonetasi perpustakaan konten terbesar di Asia Tenggara sebagai landasan pertumbuhan yang kuat. Strategi Perseroan dibangun di atas 5 mesin penggerak utama pertumbuhan yang kuat: saluran televisi free-to-air RCTI, MNCTV, GlobalTV dan iNewsTV, dan MNC Channels yang merupakan saluran TV berlangganan lokal Perseroan. Kelima pilar pertumbuhan Perseroan kami sudah menunjukkan kesuksesannya dan dengan penyelesaian bangunan studio Perseroan yang paling mutakhir, MNC siap untuk pertumbuhan di masa yang akan datang.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
198
Kantor Akuntan Publik
Osman Bing Satrio & Eny
Biro Administrasi Efek
PT BSR Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
mnc,laporan tahunan,2015,media nusantara citra,televisi,media,konten,iklan

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF