PT MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk

PT MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk Laporan Tahunan 2015

ON TRACK FOR GREATER GROWTH

Pada tahun 2015, MPPA berhasil meraih sejumlah pencapaian penting sejalan dengan visi Perseroan untuk menjadi peritel multi-format No. 1 di Indonesia. Perseroan melanjutkan upayanya untuk meningkatkan nilai pemangku kepentingan dengan menciptakan dan meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi para pelanggan. Format baru Hypermart G7 diluncurkan pada akhir 2014 lalu. MPPA berhasil membuka 7 gerai baru (4 format G7 dan 3 format reguler). Delapan gerai Hypermart lainnya juga telah direnovasi menjadi konsep G7.

Format bisnis baru, SmartClub, juga berhasil diluncurkan untuk melayani pasar grosir yang terbuka luas di Indonesia. Perseroan juga telah memperkuat jajaran manajemennya dan beberapa posisi manajerial penting dengan pengalaman dan kemampuan berkelas dunia. Selama tahun 2015, MPPA berhasil membuka 33 gerai baru dan semakin memperkuat posisinya sebagai peritel modern terkemuka Indonesia dengan jaringan gerai terluas secara geografis. Melalui bisnis ritel utamanya Hypermart, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health & Beauty, FMX dan divisi grosir baru yang terdiri dari B2B dan format baru SmartClub, MPPA akan melanjutkan ekspansinya untuk memperluas ritel modern ke seluruh wilayah di Indonesia.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perseroan mencapai Penjualan Bersih Rp13,9 triliun

Perseroan mencapai Penjualan Bersih Rp13,9 triliun pada tahun fiskal 2015, meningkat 2,5% dari Rp13,6 triliun pada tahun 2014. Laba Bersih mencapai Rp183,0 miliar, mewakili Laba Per Saham sebesar Rp34. Tingkat profitabilitas lebih rendah di bawah harapan awal kami, yang sebagian besar disebabkan oleh kebijakan pruden Perseroan untuk menyelesaikan penumpukan persediaan melalui penanganan yang berdampak negatif sekitar Rp280,0 miliar pada akhir tahun 2015 meskipun dalam iklim ekonomi yang sulit. Perseroan bermaksud untuk meningkatkan perputaran persediaan secara keseluruhan agar memungkinkan produk-produk baru dengan marjin yang lebih tinggi dapat dijual di gerai, sejalan dengan upaya Perseroan untuk memperkuat portofolio barang-barang dagangan dan memberikan momentum positif bagi Perseroan untuk memasuki pertengahan tahun 2016.

Perseroan berhasil membuka 7 gerai baru

Selama tahun ini, Perseroan berhasil membuka 7 gerai baru (4 format G7 dan 3 format reguler) dan merenovasi 8 gerai Hypermart yang ada dengan konsep terbaru G7. Hal ini menunjukkan komitmen Perseroan dalam mengembangkan konsep G7 sebagai bisnis ritel intinya, yang pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2014, ke gerai-gerai lainnya di seluruh Indonesia.

Foodmart Primo

Pada bulan Juni 2015, Perseroan memperkuat merek Foodmart dengan pencapaiannya melalui peluncuran konsep "Foodmart Primo" yang fokus pada segmen menengah ke atas dengan menawarkan kualitas produk segar yang lebih tinggi dan penawaran produk premium lainnya. Gerai tersebut terletak di MaxxBox Lippo Village, Karawaci, Tangerang. Foodmart Primo merupakan gerai kelas atas yang dirancang secara profesional dengan fitur seperti area makanan siap saji yang luas, butik bakery café, produk impor dan wine station.

FINANCIAL HIGHLIGHT

#Catatan Redaksi : Data Keuangan Pokok, serta Pembahasan dan Analisis Manajemen atas Kondisi Keuangan dan Kinerja Operasional PT Matahari Putra Prima Tbk tahun buku 2015 tidak menampilkan Grafik#

Penjualan Bersih
Perseroan membukukan Penjualan Bersih sebesar Rp13.928,9 miliar di tahun 2015, pertumbuhan sebesar 2,5%, dibandingkan Penjualan Bersih sebesar Rp13.590,4
miliar di tahun 2014.

Laba Usaha
Laba Usaha MPPA untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2015 mengalami penurunan 62,3% menjadi Rp268,6 miliar atau 1,9% dari Penjualan Bersih, dibandingkan dengan Rp711,7 miliar, atau 5,2% dari Penjualan Bersih pada tahun yang berakhir 31 Desember 2014.

EBITDA
EBITDA MPPA didefinisikan sebagai Laba Tahun Berjalan ditambah Pajak Penghasilan, Depresiasi dan Amortisasi, serta Beban Keuangan. Pada tahun 2015, EBITDA MPPA telah menurun sebesar 41,6% menjadi Rp589,2 miliar dibandingkan Rp1.009,7 miliar di tahun 2014. EBITDA yang dilaporkan sudah termasuk dampak dari Penanganan persediaan di 2015 yang diestimasikan sebesar Rp280,0 miliar dibandingkan 2014 di luar dari dampak negatif yang terjadi pada penjualan. Pada tahun 2014, EBITDA termasuk keuntungan luar biasa sebesar Rp86,8 miliar.

Ekuitas
Jumlah ekuitas pada tanggal pelaporan mencapai Rp2.775,6 miliar, termasuk laba ditahan tahun berjalan.

RENCANA STRATEGIS

Ekspansi Bisnis di Seluruh Negeri

Menuju tahun 2016, Perseroan akan tetap optimis dan terus melakukan ekspansi bisnis di seluruh negeri. MPPA berencana menambah hingga 10 Hypermart, 6 Foodmart, 4 SmartClub, 17 Boston Health & Beauty dan 16 gerai FMX, dengan fokus yang lebih besar terhadap pulau-pulau di luar Jawa. Kami akan terus berekspansi meskipun dengan ketidakpastian ekonomi global di masa yang akan datang dan kemampuan dalam negeri untuk meningkatkan manufaktur dan komoditas ekspor.

Walaupun tantangan ekonomi secara signifikan tetap berlangsung tahun ini, masih terdapat ekspektasi bahwa investasi di sektor publik dan pembiayaan infrastruktur akan meningkat dan mendukung ekonomi. Untuk mengatasi dinamika kondisi ritel, Perseroan akan membangun landasan yang kuat untuk meningkatkan keunggulan kompetitif serta untuk melengkapi manajemen dengan sarana yang tepat dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat berdasarkan praktik kebijakan dan prosedur global yang terbaik.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
222
Kantor Akuntan Publik
Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan
Biro Administrasi Efek
PT Sharestar Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
matahari putra prima,laporan tahunan,2015,mppa,ritel

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF