PT KALBE FARMA Tbk

PT KALBE FARMA Tbk Laporan Tahunan 2015

LANDASAN YANG LEBIH KUAT UNTUK HARI ESOK YANG LEBIH BAIK

Selama hampir lima dasawarsa, Kalbe telah mendedikasikan diri untuk mencari cara-cara inovatif untuk membantu konsumen menjalani hidup yang lebih sehat. Dalam perjalanan ini, Kalbe menjumpai keberhasilan dan tantangan, namun Kalbe tetap melangkah maju. Menghadapi masa depan yang membawa berbagai perubahan, Kalbe meneguhkan komitmen Perseroan dan memperkuat landasan untuk menjadi organisasi di mana tantangan dihadapi, perubahan disambut dan semangat kepeloporan dihargai. Perseroan percaya ini adalah satu-satunya cara agar tetap relevan dalam perjalanan waktu dan tetap dekat di hati pelanggan.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih tumbuh 3,0% menjadi Rp17.887 miliar

Di tengah kondisi usaha yang menantang pada tahun 2015, PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe” atau “Perseroan”) membukukan hasil yang cukup positif. Penjualan bersih tumbuh 3,0% menjadi Rp17.887 miliar, menunjukkan kinerja yang optimal walaupun dipengaruhi pelemahan kondisi ekonomi. Divisi Obat Resep Kalbe mengalami penurunan penjualan sebesar 0,8% menjadi Rp4.293 miliar. Divisi Produk Kesehatan dan Divisi Nutrisi berhasil mempertahankan kinerja yang positif, masing-masing sebesar 4,9% menjadi Rp3.066 miliar, dan 11,6% menjadi Rp5.114 miliar.

Adapun penjualan neto Divisi Distribusi dan Logistik, yang terutama membukukan penjualan produk prinsipal pihak ketiga, menurun sebesar 2,2% menjadi Rp5.414 miliar. Dengan demikian, secara konsolidasi, penjualan neto Perseroan tumbuh 3,0% menjadi Rp17.887 miliar.

Mengoperasikan Pabrik Obat Kanker yang baru

Pada tahun 2015, inovasi terus dikembangkan dalam berbagai bidang. Perseroan telah mengoperasikan pabrik obat kanker yang baru, yang merupakan kegiatan produksi obat kanker perdana secara lokal. Perseroan juga telah memulai pembangunan fasilitas produksi baru untuk produk-produk biofarmasi, yang merupakan fasilitas produksi obat biofarmasi pertama di Indonesia. Pengembangan produk pada segmen obat resep, produk kesehatan dan nutrisi terus dilakukan untuk memberikan manfaat kesehatan yang lebih bagi konsumen sekaligus menanggapi perubahan permintaan pasar.

Investasi berupa perluasan jaringan distribusi tetap diteruskan pada tahun 2015, agar dapat memasuki pasar-pasar baru di Indonesia dan mempertahankan keunggulan Kalbe di bidang distribusi. Sepanjang tahun 2015, Perseroan telah meresmikan cabang baru di Sibolga, Sumatera Utara, serta menyelesaikan peremajaan Pusat Distribusi Regional Perseroan di Jakarta dan kantor cabang di Samarinda, Kalimantan.

Ekspansi Penjualan Internasional

Berbagai inovasi layanan terus dirintis untuk mendukung perkembangan bisnis Perseroan dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Hal ini di antaranya dilakukan dengan menghadirkan toko nutrisi online dan layanan aplikasi mobile untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen. Selanjutnya, untuk menghadapi peluang pasar global dan menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN, Kalbe juga terus menggalakkan ekspansi penjualan internasional, khususnya di wilayah Asia Tenggara serta Nigeria dan Afrika Selatan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penjualan Bersih
Penjualan bersih tumbuh 3,0% menjadi Rp17.887 miliar, menunjukkan kinerja yang optimal walaupun Dipengaruhi pelemahan kondisi ekonomi.

Laba Bruto
Pada tahun 2015, Perseroan berhasil membukukan laba bruto sebesar Rp8.592 miliar, meningkat sebesar 1,4% dibanding pencapaian tahun 2014 sebesar Rp8.476 miliar. Marjin laba bruto mencapai 48,0%, lebih rendah dibandingkan 48,8% pada tahun 2014.

Laba Bersih
Laba Bersih Setelah Pajak sebesar Rp2.004 miliar, menurun 3,0% dari Rp2.066 miliar di tahun 2014.

Laba Bersih Per Saham
Laba bersih per saham mencapai sebesar Rp43 dari Rp44 di tahun sebelumnya.

Ekuitas
Ekuitas Perseroan meningkat sebesar 12,0% mencapai Rp10.938 miliar dari Rp9.764 miliar di tahun 2014. Peningkatan tersebut terutama disumbangkan oleh akumulasi saldo laba yang mencapai sebesar Rp10.006 miliar di tahun 2015 dari Rp8.893 miliar tahun 2014, atau meningkat sebesar 12,5%.

RENCANA STRATEGIS

Di tahun 2016, Perseroan akan terus memperkuat portofolio usaha Kalbe melalui inovasi di bidang produk, proses dan bisnis. Selain itu, Perseroan juga akan secara aktif mencari peluang potensi kolaborasi sebagai salah satu pendekatan untuk meraih pertumbuhan usaha. Strategi Go Global Kalbe akan makin intensif, yang juga meliputi upaya untuk memperkuat jaringan domestik dan regional Kalbe. Pengembangan sumber daya manusia tetap menjadi prioritas penting, dengan tujuan mengembangkan pemimpin-pemimpin baru Kalbe yang memiliki karakter Panca Sradha. Seiring dengan makin kompleksnya kegiatan operasional Kalbe, upaya meraih peningkatan kualitas operasional juga menjadi prioritas, untuk menjamin konsistensi kualitas produk-produk bagi konsumen.

 

 

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
438
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Sungkoro & Surja (Ernst & Young)
Biro Administrasi Efek
PT Adimitra Jasa Korpora
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
kalbe farma,laporan tahunan,2015,farmasi,obat

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF