PT HERO SUPERMARKET, Tbk

PT HERO SUPERMARKET, Tbk Laporan Tahunan 2015

PELOPOR RITEL INDONESIA

Meraih Gairah Konsumen Indonesia PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group/ Perseroan) telah membangun tradisi untuk menjaga kedekatan dengan pelanggannya. Pengalaman berbelanja pelanggan adalah usaha dan semangat kami, yang pada akhirnya menentukan pencapaian hasil usaha yang lebih baik. Di seluruh toko Hero yang nyaman dan modern, staf didorong untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan.

Pada tahun 2015, dengan kembali mengusung strategi merchandise oldfashioned yang baik, HERO Group sangat antusias dalam memberikan yang terbaik dan pelanggan merespon dengan antusias. Ekspansi secara berkesinambungan dimungkinkan melalui arah bisnis yang jelas meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan di setiap segmen pasar. HERO Group, didukung oleh neraca yang solid dan struktur permodalan yang stabil, siap untuk melebihi harapan pelanggan dan untuk mencapai semangat konsumen Indonesia yang kita lihat sehari-hari. Ketika kita bergerak maju bersama, kami menyadari bahwa pengalaman pelangganlah yang mendorong semangat Perseroan untuk membuat lebih banyak pengalaman berbelanja yang positif di took Perseroan.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Pendapatan Naik sebesar 12% menjadi Rp 14,3 triliun

Melalui revitalisasi di toko-toko Perseroan serta fokus pada produk segar, berhasil memenuhi target kinerja, di samping menempatkan fitur-fitur yang mampu menangkap kebutuhan pelanggan. HERO Group telah merancang ulang pendekatan merchandizing dan pemasaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan setia Perseroan. Pendekatan tersebut berhasil meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan secara signifikan dibandingkan tahun lalu.

Dengan basis trafik yang meningkat, pendapatan naik sebesar 12% menjadi Rp 14,3 triliun, dengan laba kotor sebesar Rp 3,3 triliun. HERO Group mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 144 miliar. Dengan meningkatnya jumlah pendapatan, anggaran untuk ekspansi toko di masa mendatang telah disiapkan dalam arus kas HERO Group. Dengan adanya keseimbangan antara neraca dan pertumbuhan, HERO Group tidak memiliki rencana untuk melakukan perubahan struktur permodalan ataupun mengajukan hutang baru.

Penghargaan dari beberapa Institusi

Pada tahun 2015, Perseroan merasa terhormat telah menerima banyak penghargaan dari beberapa institusi, di antaranya Community Care Company of the Year untuk kegiatan tanggung jawab sosial HERO Group, Best Brand Platinum untuk Giant Supermarket, Corporate Image Awards untuk Giant Hypermarket and Giant Supermarket, The Top 50 Public Listed Companies, Indonesia Living Legend Company for Retail Category, Top Brand Award untuk Giant Hypermarket, Top Brand Award untuk Hero Supermarket, serta Most Experiential Brand Activation 2015 untuk IKEA.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laba Tahun Berjalan
Total rugi pada tahun berjalan mencapai sebesar Rp 144,08 miliar. Pada tahun 2014, HERO Group membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp 43,75 miliar.

Liabilitas
Jumlah liabilitas HERO Group menurun 0,47% Y-O-Y antara akhir tahun 2014 sampai akhir tahun 2015. Sebagai bagian dari kebijakan struktur permodalan,
HERO Group melunasi sebagian besar pinjaman bank yang diterima, yang berkurang dari Rp 339 miliar menjadi Rp 100 miliar di akhir tahun 2015. Sementara utang usaha cenderung stabil, utang lain-lain kepada pihak ketiga berkurang 13,62% Y-O-Y menjadi Rp 391 miliar.

Ekuitas
Laba ditahan menurun sebesar Rp 240 miliar sebagai akibat rugi yang dibukukan pada tahun berjalan. Akibatnya, total ekuitas HERO Group berkurang sebesar Rp 239,44 miliar.

Aset
Pada akhir tahun 2015, jumlah aset tercatat turun 3,05% menjadi Rp 8,04 triliun, dari Rp 8,29 triliun di akhir tahun 2014. Penurunan jumlah aset terutama mencerminkan berkurangnya persediaan dari Rp 2,27 triliun di 2014 menjadi Rp 2,05 triliun di 2015.

RENCANA STRATEGIS

Pandangan mengenai HERO Group di tahun 2016, yaitu pemenuhan akan potensi tingginya permintaan atas berbagai merek. Hal ini berarti bahwa Perseroan harus dapat menggunakan peluang ini dengan menerapkan strategi atas merek yang spesifik yang selaras dengan semangat konsumen Indonesia dalam rangka perluasan usaha HERO Group. Lebih jauh, Perseroan merekomendasikan untuk selalu melakukan analisa yang mendalam dan senantiasa menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi yang dinamis, baik skala lokal maupun internasional dalam setiap pengambilan keputusan.

HERO Group juga melihat tumbuhnya semangat baru sejalan dengan diperbaharuinya berbagai toko diiringi dengan penerapan disiplin keuangan yang lebih baik. Hal ini terbukti mampu mengundang konsumen baru. Adanya semangat baru ini akan memperluas jangkauan HERO Group kepada konsumen secara berkesinambungan. Bukanlah merupakan rahasia lagi bahwa kunci kesuksesan Perseroan ada pada orang-orang Perseroan yang terbaik dan nilai-nilai HERO Group dalam membangun kapabilitas, meningkatkan bakat serta menginspirasi untuk menjadi yang terbaik.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
252
Kantor Akuntan Publik
Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan
Biro Administrasi Efek
PT EDI Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
Serikat Pekerja Hero Supermarket (SPHS)
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
hero supermarket,laporan tahunan,2015,ritel

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF