PT GLOBAL MEDIACOM, TBK

PT GLOBAL MEDIACOM, TBK Laporan Tahunan 2016

TOTAL MEDIA DOMINATION

Sebagai grup media terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, PT Global Mediacom Tbk. (BMTR, atau Perseroan) terus mendominasi sektor Free-To-Air (FTA) maupun TV Berlangganan. Perseroan berkomitmen penuh untuk menyampaikan program yang kuat, yang terwujud berkat perpaduan dari kerja tim, disiplin dan kreativitas tak terbatas. BMTR menganggap tahun 2016 sebagai tahun yang gemilang, dengan kedua anak perusahaan inti, yakni PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) dan PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY), masing-masing tetap menjadi pemimpin dalam industrinya.

Empat stasiun FTA milik Perseroan (RCTI, MNCTV, GTV dan iNewsTV) mengungguli stasiun lain dalam hal rating dan pangsa pemirsa prime-time, dengan pangsa pemirsa (audience share) saat jam tayang utama (prime time) tercatat rata-rata sebesar 46% dan dalam proses memecahkan rekor sejarah kinerja tertinggi. Pencapaian ini didukung oleh konten berkualitas tinggi dengan beragam program dan drama seri yang terus menerus menduduki peringkat teratas.

Bisnis utama MNCN lainnya juga memperlihatkan hasil yang memuaskan, terutama MNC Pictures, unit produksi internal terbesar di Indonesia. MNC Pictures telah sangat sukses memproduksi drama seri populer seperti “Tukang Ojek Pengkolan”, “Preman Pensiun”, “Ayu Anak Depok City”, “Super Dede”, “7 Manusia Harimau” dan banyak lagi lainnya. Perseroan telah memperkuat MNC Pictures selama beberapa tahun terakhir untuk mengakomodasi kebutuhan produksi semua slot in-house drama pada platform MNCN. Pada tahun 2017, MNC Group akan memproduksi 100% program internalnya dan MNC Pictures akan menjadi satu satunya pemasok drama ke stasiun FTA TV milik MNCN. Strategi ini memungkinkan Perseroan mengelola biaya secara efisien serta memastikan penyiaran program berkualitas tinggi.

Terkait bisnis TV Berlangganan milik Perseroan, pelanggan MSKY terhitung mencapai lebih dari 70% dari seluruh pelanggan TV Berlangganan di Indonesia. Walaupun sedang terjadi sentimen dalam industri ini, MSKY berhasil mempertahankan marjin EBITDA dan ARPU nya. Global Mediacom, yang tidak terpengaruh dengan lemahnya penetrasi internet di Indonesia, telah menyiapkan infrastruktur terbaik untuk media online. Termasuk diantaranya, MNC Play saat ini menjadi satusatunya penyedia broadband full fiber di Indonesia yang menawarkan layanan IPTV dan koneksi internet tercepat hingga 200Mbps.

Pada tahun 2016, MNC Play berhasil menjangkau total 1 juta homes passed di enam kota besar di Indonesia: 55% di Jakarta dan sisanya tersebar di seluruh Bandung, Surabaya, Malang, Medan, dan Semarang. Perseroan juga terlibat dalam beberapa pelopor media online dengan Moviebay, Okezone, MeTube, Brandoutlet, Mister Aladin, dan MNC Shop. MNC Shop, yang merupakan usaha bersama dengan GS Home shopping, sebuah operator home shopping terbesar di dunia, memperluas pasarnya dengan berbagai pilihan produk yang lengkap dan inovatif, ditambah dua saluran di Indovision, MNC Play dan iNewsTV.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perseroan membukukan Pendapatan sebesar Rp 10,46 triliun

2016 merupakan tahun pemulihan bagi PT Global Mediacom Tbk. (‘BMTR’ atau ‘Perseroan’). Meskipun kondisi makroekonomi pada tahun sebelumnya kurang menguntungkan, Perseroan masih berhasil menyelesaikan tahun 2016 dengan prestasi yang menjanjikan. Tahun ini Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 10,46 triliun dari Rp10,58 triliun pada 2015. Margin EBITDA sebesar 33.29%, sedangkan laba bersih mencapai total Rp 203,902 miliar.

Sebagai perusahaan induk, BMTR memperoleh pendapatan dari aktivitas bisnis entitas anak perusahaannya, terutama dari bisnis media berbasis iklan di bawah PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN), bisnis media berbasis pelanggan PT MNC Sky Vision (MSKY) dan media berbasis online. Bisnis media berbasis konten dan iklan tetap menjadi kontributor terbesar terhadap pendapatan Perseroan sebesar 62%, sementara media berbasis langganan melalui MSKY menyumbang sebesar 29%. Persentasi sisanya untuk pendapatan Perseroan berasal dari media berbasis online, bisnis konten & saluran serta TV home shopping, menyumbang sebesar 7%.

Pada tahun 2016, salah satu pihak berelasi perusahaan, PT MNC Kabel Mediakom (MKM) mencapai targetnya meluncurkan layanan Internet broadband serat optik dan TV berlangganan kepada 1.000.000 rumah di 6 kota besar di Indonesia. Aplikasi OTT Perseroan, yang menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses film dan program lainnya dari mana saja dan di mana saja, saat ini telah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

Pendapatan
Tahun 2016, Perseroan tetap membukukan pendapatan yang stabil. Perseroan membukukan pendapatan iklan dan konten dari MNC, pendapatan subscription fee dari MSKY, pendapatan online dari entitas anak di China dan pendapatan lainnya sebesar Rp10,46 triliun.

Laba Bersih
Dengan laba bersih dan pendapatan komprehensif lain seperti tersebut di atas, jumlah laba komprehensif BMTR di tahun 2016 menjadi Rp267,38 miliar, meningkat 947% dari Rp25,53 miliar tahun 2015.

EBITDA
EBITDA sebesar 33.29%, sedangkan laba bersih mencapai total Rp 203,902 miliar.

RENCANA STRATEGIS

MNCTV adalah stasiun TV FTA nasional, didirikan pada tanggal 23 Januari 1991, dengan tujuan mengakomodasi siaran untuk berbagai segmen demografis dengan menayangkan sinetron keluarga, program olahraga, dan ragam hiburan. Sebagai salah satu stasiun FTA Indonesia dengan pertumbuhan tercepat, rata-rata keseluruhan pangsa pemirsa MNCTV pada 2016 tercatat sebesar 9,4%, yang ditunjang dan didukung oleh serangkaian program sinetron dan animasi yang menarik. Dengan tujuan meningkatkan pangsa pemirsa melalui penyempurnaan kualitas pemrograman, MNCTV akan meluncurkan berbagai program inovatif baru dalam kualitas definisi tinggi (HD), selain itu juga memperkuat hubungan dengan para pemasang iklan dan stakeholders.

Portofolio MNC Media terdiri dari serangkaian nama besar dalam industri pertelevisian dan media digital Indonesia. MNCN berada di posisi terdepan untuk saluran TV free-to-air (FTA) dengan stasiun-stasiun peringkat papan atas, terutama RCTI, MNCTV, GlobalTV dan iNewsTV, pustaka konten terbesar yang tak tertandingi, perusahaan manajemen artis terbesar, dan fasilitas studio terpadu dengan teknologi yang canggih dan termutakhir. Strategi Perseroan handal dan inovatif; Perseroan percaya para pemangku kepentingan dan pemirsa Perseroan akan menyaksikan banyak prestasi dari Perseroan ke depannya.

Program televisi Perseroan diproduksi sesuai dengan strategi terpadu yang memberi Perseroan kendali penuh atas pengelolaan artis/talenta, produksi, serta hak tayang dan kekayaan intelektual. Strategi ini memberikan nilai maksimal bagi para pemegang saham dan pemirsa. Tahap berikutnya dalam strategi konten internal Perseroan adalah memproduksi lebih banyak acara, animasi dan program untuk anak-anak, yang memanfaatkan hak kekayaan intelektual dan nilai waralaba jangka panjang. Sebagai contoh, serial pahlawan super “Satria Garuda BIMA-X”, yang berpotensi untuk tetap dapat dimonetisasi melalui tayangan ulang dan pemberian lisensi. Perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan program Perseroan melalui kemitraan.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
240
Kantor Akuntan Publik
Satrio Bing Eny & Rekan Member of Deloitte Touche Tohmatsu Limited
Biro Administrasi Efek
PT BSR Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
bmtr,indonesia,fta,global,mediacom,MNC, televisi

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF