PT GAJAH TUNGGAL, Tbk

PT GAJAH TUNGGAL, Tbk Laporan Tahunan 2015

Selama lebih dari enam dekade, PT Gajah Tunggal Tbk senantiasa meningkatkan kinerja, memperluas kapasitas produksi dan berkembang dari pembuatan ban sepeda menjadi ban sepeda motor, serta akhirnya ke dalam pembuatan ban kendaraan penumpang dan komersial.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih tercatat sebesar Rp12.970 miliar

Memasuki tahun 2015, Perusahaan diuji dengan berbagai tantangan dari sisi makroekonomi maupun bisnis dalam industri ban. Ketelitian Manajemen Perusahaan dalam melihat kondisi yang ada disertai ketepatan strategi sangat menentukan keberlanjutan bisnis Perusahaan. Menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang mencakup kebutuhan masyarakat luas dalam industri otomotif merupakan tantangan tersendiri bagi Perusahaan. Perjalanan panjang lebih dari 60 tahun telah memberikan pengalaman berharga bagi Perusahaan. Ketangguhan dan citra Perusahaan sebagai produsen ban terkemuka di tanah air senantiasa diuji.

Berbagai tantangan yang dihadapi oleh Perusahaan antara lain tampak pada penjualan bersih yang tercatat sebesar Rp12.970 miliar, atau mencapai 99,2% dibandingkan pada tahun 2014 sebesar Rp13.070 miliar. Menurunnya harga bahan baku dapat sepenuhnya mengimbangi dampak negatif dari terdepresiasinya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS di periode yang sama. Margin usaha menurun dari 8,9% di tahun 2014 menjadi 8,6% di tahun 2015, terutama disebabkan oleh biaya transportasi yang lebih tinggi. Penyesuaian transaksi mata uang asing dari obligasi Perusahaan yang berdenominasi Dolar AS memberikan dampak yang negatif terhadap laba bersih Perusahaan, karena terdepresiasinya nilai Rupiah terhadap Dolar AS. Sebagai hasilnya, Perusahaan mencatat rugi bersih sebesar Rp313 miliar.

Pembangunan Fasilitas Pabrik Ban Radial untuk Truk dan Bus (TBR)

Kebijakan strategis memegang peranan penting dalam pelaksanaan proses pembuatan keputusan untuk menentukan tujuan dan cara terbaik guna mencapai tujuan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa mencermati setiap perubahan kondisi lingkungan bisnis yang terjadi, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Perusahaan terus melakukan inovasi dengan melahirkan produk baru untuk ban kendaraan roda empat dan sepeda motor seperti Savero SUV dan beberapa produk baru untuk merek ban motor IRC dan Zeneos. Perusahaan juga menambah gerai ritel guna mendekatkan diri dengan pelanggan serta berinteraksi langsung dengan pelanggan(end-user). Strategi lainnya yang diterapkan oleh Perusahaan untuk jangka panjang adalah pembangunan fasilitas pabrik ban radial untuk truk dan bus (TBR). Dengan adanya pabrik baru tersebut, kapasitas produksi ban TBR akan naik dari 350 ban per hari saat ini menjadi 2.200 ban per hari pada tahun 2017.

Penjualan Kain Ban sepanjang tahun 2015 mengalami Peningkatan sebesar 11%

Model bisnis Perusahaan yang terdiversifikasi dan mencakup pasar dalam negeri dan ekspor menunjukkan kinerja yang baik sepanjang 2015. Berbagai tantangan yang ada di pasar domestik mampu diimbangi oleh bauran penjualan yang lebih mengarah ke pasar ekspor, terutama untuk penjualan ban radial kendaraan penumpang. Di sisi lain, bisnis non-ban Perusahaan, yakni karet ban dan karet sintetis (SBR), memperlihatkan kinerja yang berbeda sepanjang 2015. Penjualan kain ban sepanjang tahun ini mengalami peningkatan sebesar 11% karena permintaan yang menguat dari pasar ekspor, tetapi penjualan karet sintetis (SBR) pada 2015 mencatatkan penurunan dikarenakan turunnya harga minyak dan lemahnya permintaan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Aset
Jumlah aset Perusahaan naik 8,6% atau sebesar Rp1.388 miliar menjadi sebesar Rp17.510 miliar dari Rp16.122 miliar pada tahun 2014. Hal ini terutama disebabkan oleh kenaikan aset tidak lancar sebesar 10,9%, sedangkan aset lancar sebesar 5,1%.

Ekuitas
Jumlah ekuitas Perusahaan turun 4,3% atau sebesar Rp243 miliar menjadi Rp5.394 miliar pada tahun 2015 dari Rp5.637 miliar pada tahun 2014. Penurunan ini terutama disebabkan oleh pembayaran dividen sebesar Rp35 miliar dan rugi komprehensif yang tercatat sebesar Rp208 miliar.

Penjualan Bersih
Pada tahun 2015, Perusahaan menghasilkan penjualan bersih sebesar Rp12.970 miliar. Perolehan ini mengalami sedikit penurunan 0,8% atau sebesar Rp101 miliar
dibandingkan pada tahun 2014 sebesar Rp13.071 miliar.

RENCANA STRATEGIS

Perusahaan yakin bahwa Pemerintah mengambil langkah yang tepat untuk mendorong investasi dan mempercepat proyek infrastruktur, yang akan mendorong kembali pertumbuhan ekonomi domestik. Perusahaan juga menyambut komitmen Pemerintah untuk menempatkan proyek infrastruktur yang memiliki peran semakin penting dalam membawa dampak pada pembangunan maupun perekonomian dalam negeri. Perusahaan juga senantiasa membangun citra positif untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk-produk ban Perusahaan di pasar global. Untuk kedepannya, Perusahaan menilai kondisi ekonomi Indonesia akan terus kuat dan stabil, sehingga dapat memicu pertumbuhan pasar di masa depan, yang akan memicu optimisme Perusahaan dalam menghadapi tahun 2016.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
163
Kantor Akuntan Publik
Osman Bing Satrio & Eny
Biro Administrasi Efek
PT Datindo Entrycom
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
Standard & Poor’s, Moody’s
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
gajah tunggal,laporan tahunan,2015,ban

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF