PT BANK MAYBANK INDONESIA Tbk

PT BANK MAYBANK INDONESIA Tbk Laporan Tahunan 2015

MELANGKAH MENUJU TAHAPAN BARU

Pergantian nama dari Bank Internasional Indonesia menjadi Maybank Indonesia secara resmi pada tahun 2015 telah menjadi titik balik Maybank Indonesia untuk memulai perjalanan menuju tahapan baru. Hal ini diproyeksikan akan memperkuat posisi Bank sebagai bagian dari Maybank Grup yang dalam dua tahun berturut-turut telah meraih gelar Brand of the Year dari World Branding Forum.

Semangat Maybank Indonesia untuk melalui perjalanan menuju tingkatan berikutnya telah terbukti pada tahun 2015 di mana Bank telah berupaya maksimal untuk meraih kinerja yang menggembirakan di tengah perekonomian yang penuh tantangan.

Menguatnya posisi Bank sebagai bagian dari brand internasional juga memberi keyakinan bagi nasabah untuk terus memberikan kepercayaannya kepada Maybank Indonesia. Menyongsong masa depan baru, Bank akan terus berinovasi dalam menyediakan layanan yang memuaskan bagi nasabah sekaligus turut berpartisipasi membangun perekonomian nasional melalui kerja sama dengan berbagai komunitas. Semangat “Journey to the Next Level” akan menjadikan Maybank Indonesia terus berupaya menjadi penyedia layanan keuangan yang terpercaya bagi masyarakat dan sekaligus membawa Bank melangkah ke tingkat regional.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Bank Membukukan Laba bersih senilai Rp1,14 triliun

Kinerja Bank yang solid dicapai dengan dukungan Marjin Bunga Bersih (NIM) yang lebih baik, pertumbuhan pendapatan non bunga bank yang kuat dan pencapaian luar biasa di Perbankan Syariah, serta upaya pengelolaan biaya secara disiplin.

Bank membukukan Laba bersih senilai Rp1,14 triliun di tahun 2015, dengan peningkatan signifikan sebesar 60,9% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Ketahanan dan kehandalan Manajemen Bank dalam mengantisipasi perubahan terbukti efektif menghadapi perubahan pasar dan kondisi makro. Bank berusaha untuk selalu bersikap taktis dalam pengelolaan biaya dan risiko, dan hanya mengejar peluang yang tepat guna untuk menciptakan pendapatan jangka panjang yang stabil.

Loan to Fund Ratio (LFR) berada pada posisi 85,13% sedangkan Liquidity Coverage Ratio (LCR) pada level 213% per 31 Desember 2015. Selain itu, Perbankan Syariah terus melaju dengan kontribusi aset telah mencapai 10% dari total aset bank, menjadi kelima terbesar di industri perbankan Syariah Indonesia dan terbesar di kelompok Unit Usaha Syariah.

Portfolio Ritel & Bisnis terus Bertumbuh

Pada portofolio Perbankan Ritel, kredit perumahan naik 12,6% menjadi Rp18,1 triliun dengan kualitas aset yang tetap terjaga, kredit kendaraan bermotor naik 6,3%, sementara kredit Tanpa Agunan dan tagihan kartu kredit masing-masing naik 12,8% dan 10,5% sehingga total kredit perbankan ritel naik 9%. Perbankan Elektronik mengalami pertumbuhan pesat dengan peluncuran fasilitas mobile banking Maybank M2U, platform mobil banking yang sama digunakan Maybank Grup. Aplikasi ini membantu meningkatkan pertumbuhan volume e-channel sekitar 19%.

Perbankan Bisnis terus bertumbuh di atas rata-rata dengan tingkat pertumbuhan kredit 12,5% menjadi Rp45,9 triliun dengan kualitas asset yang terjaga dengan baik. Bank terus meningkatkan kontribusi kredit UMKM pada total kredit. Rasio kredit UMKM terhadap total kredit bank telah mencapai 21,96% per 31 Desember 2015, di atas ketentuan yang ditetapkan sebesar 20% pada tahun 2018.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertumbuhan Kredit
Pertumbuhan kredit Bank mencapai 5,9% menjadi Rp112,5 triliun per 31 Desember 2015 dari Rp106,3 triliun di 31 Desember 2014 namun belum mencapai target yang ditetapkan.

Dana Pihak Ketiga (DPK)
Dana Pihak Ketiga Bank tumbuh sebesar 13,4% dari Rp101,9 triliun menjadi Rp115,5 triliun, mencapai target dan melebihi rata-rata pertumbuhan industri.

Laba Bersih
Laba bersih tercatat sebesar Rp1,14 triliun, sedikit melebihi target yang sebesar Rp1,1 triliun.

RENCANA STRATEGIS

Optimisme akan Perekonomian Domestik

Rencana dan Anggaran Bank tahun 2016 menunjukkan optimisme akan perekonomian domestik di tengah ketidakpastian perekonomian global. Kinerja industri perbankan diperkirakan akan membaik di tahun 2016, namun kondisi usaha akan semakin kompetitif dengan risiko adanya perlambatan ekonomi dan volatilitas harga komoditas.

Sebagai bagian dari Maybank Grup, grup jasa keuangan terbesar keempat di ASEAN dengan keberadaan di tiap-tiap negara ASEAN, akan membantu Bank dalam menciptakan sinergi dan efisiensi sebagai penyedia jasa keuangan yang terkemuka di Indonesia. Bank yakin hal ini akan menjadi faktor pembeda (diferensiasi) Bank dari kompetitornya dan merupakan hal yang sangat penting bagi Bank untuk terus meningkatkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan.

Untuk tahun 2016, Maybank Indonesia berencana untuk menggabungkan dua segmen bisnis utama (Perbankan Ritel dan Perbankan Bisnis) menjadi Community Financial Services (CFS). Kami berharap inisiatif ini dapat menciptakan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi yang lebih baik. Bank ingin memberikan nilai dan pengalaman yang lebih berkualitas bagi nasabah dan menghasilkan kinerja keuangan yang kuat dan berkelanjutan dengan memperhatikan risiko kehati-hatian.

Bank  juga akan melanjutkan fokus portofolio Perbankan Global ke perusahaan korporasi berskala besar dan BUMN. Fokus pertumbuhan kredit dibuat dalam cara yang terukur dan efisien. Pada sektor mikro dan UKM, Bank akan memprioritaskan nasabah yang terlibat dalam proyek prioritas pemerintah termasuk infrastruktur, maritim, ketahanan pangan dan energi.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Listed (PKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
922
Kantor Akuntan Publik
Purwantono,Sungkoro & Surja
Biro Administrasi Efek
PT Sinartama Gunita
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
PT Fitch Ratings Indonesia , PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
maybank indonesia,laporan tahunan,2015,perbankan

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF