TUMBUH BERSAMA NASABAH
Keberhasilan Danamon ada di tangan para nasabahnya. Sejalan dengan Visi Danamon dalam menjalankan bisnis dimana nasabah merupakan fokus utama Danamon setiap saat: “Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan.” Nasabah sebagai prioritas utama Danamon juga tertanam dalam salah satu misi Danamon: “Sebuah organisasi berpusat pada nasabah yang meliputi semua segmen, masing-masing dengan nilai yang unik, terpusat pada keunggulan penjualan dan layanan dan didukung oleh teknologi kelas dunia.”
Danamon mengakhiri tahun 2015 dengan terus menjalani transformasi model bisnis untuk lebih meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam tahun yang penuh tantangan. Danamon yakin bahwa inisiatif jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang akan menjadi sebuah landasan yang kokoh bagi pertumbuhan di masa depan.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Rasio Loan to Funding (LFR) Danamon tercatat sebesar 87,53%
Total kredit Danamon turun sebesar 7% menjadi Rp 129,4 triliun, sementara rasio kredit bermasalah (NPL) konsolidasian tercatat di posisi terkendali di 3%. Kredit Komersial dan UKM bertumbuh, sementara kredit untuk nasabah mikro (SEMM) dan pembiayaan otomotif menurun. Portofolio Trade Finance dan Ritel Danamon meningkat, diikuti dengan potensi pertumbuhan berkelanjutan.
Mengenai pendanaan, total dana pihak ketiga konsolidasian sedikit menurun sebesar 1% menjadi Rp 115,15 triliun dengan Giro dan Tabungan (CASA) mencatat penurunan sebesar 14% secara setahunan, serta rasio CASA turun dari 49% menjadi 42%. Hal ini sejalan dengan keputusan Perseroan untuk mengurangi suku bunga atas saldo CASA. Total pendanaan konsolidasian (dana pihak ketiga dan pendanaan terstruktur) juga menurun sebesar 4% menjadi Rp 138,15 triliun, sejalan dengan menurunnya permintaan atas kredit.
Rasio Loan to Funding (LFR) Danamon pada akhir 2015 tercatat sebesar 87,53% atau membaik dari 92,6% pada akhir Desember 2014, sementara Liquidity Coverage Ratio (LCR) konsolidasian berada pada tingkat yang sehat sebesar 123,06% pada akhir tahun 2015.
50 Best Publicly Listed Companies
Penghargaan terakhir yang diterima oleh Danamon adalah 50 Best Publicly Listed Companies di Asia Tenggara, dan 3 Best Publicly Listed Companies di Indonesia untuk Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada acara ASEAN Corporate Governance Award 2015 yang diselenggarakan oleh ASEAN Capital Market Forum (ACMF). Danamon juga mendapat penghargaan “Best Overall” pada 7th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IIICD) Corporate Governance Conference and Award 2015.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Laba Bersih
Danamon mencatat Laba Bersih setelah Pajak sebesar Rp 2,4 triliun.
Pendapatan Bersih
Pendapatan Operasional Bersih Konsolidasian dicatat sebesar Rp 3,9 triliun.
Aset
Pada tahun 2015, aset Bank menurun 4% atau Rp7.764 miliar menjadi Rp188.057 miliar dibandingkan Rp195.821 miliar di tahun 2014
RENCANA STRATEGIS
Sales & Distribution (S&D)
Danamon akan melanjutkan inisiatif strategisnya untuk mencapai model kredit mikro yang lebih efisien; mendukung pertumbuhan segmen perbankan konsumer, perbankan UKM dan perbankan komersial; meningkatkan sinergi antara Danamon dan anak perusahaannya; peningkatan produktivitas sumber daya manusia dan operasional serta mensentralisasi fungsi SDM dan Keuangan. Danamon akan terus melanjutkan kebijakan manajemen risiko yang hati-hati dengan fokus pada risiko kredit dan likuiditas serta mengelola profil risikonya secara ketat.
Di awal 2016, Danamon membentuk struktur Sales & Distribution (S&D) baru untuk memberdayakan dan memudahkan cabang-cabang Danamon melayani nasabah lebih baik sertameningkatkan produktivitas seluruh jaringan cabang Danamon. Struktur S&D ini memudahkan pegawai cabang untuk menawarkan produk terbaik atau paket produk yang sesuai dengan kebutuhan pribadi dan bisnis nasabah. Inisiatif ini akan memberikan lebih banyak peluang cross-selling, mendorong kolaborasi dengan tujuan dan akuntabilitas yang sama di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan, serta meningkatkan pengalaman nasabah.
Menciptakan strategi digital yang lebih baik juga merupakan aspek kunci prioritas strategis Danamon. Dengan demografi yang muda, penduduk Indonesia akan lebih cepat mengadopsi penggunaan teknologi dalam kehidupan mereka sehari-hari. Untuk memberikan kenyamanan lebih kepada nasabah, Danamon akan melakukan investasi dalam meningkatkan jalur digital baik bagi segmen konsumer dan bisnis. Melalui teknologi, Danamon berupaya untuk mendorong nasabah agar menggunakan layanan Danamon pada waktu dan tempat menurut pilihan mereka. Teknologi juga memudahkan Danamon untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id